MOTIVASI DAN STRATEGI KANDIDAT DALAM PILKADES (Studi Deskriptif Kemenangan Wasidi dalam PILKADES 2012 di Desa Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung)

NUR SATRYA WAHYU BRAMMANTYA, 070913031 (2013) MOTIVASI DAN STRATEGI KANDIDAT DALAM PILKADES (Studi Deskriptif Kemenangan Wasidi dalam PILKADES 2012 di Desa Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-brammantya-28483-5.abstr-k.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Motivasi dan Strategi Kandidat dalam PILKADES (Studi Deskriptif Kemenangan Wasidi dalam PILKADES 2012 di Desa Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung). Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana motivasi seorang kandidat dan juga strategi politiknya dalam maju pemilihan kepala desa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dimana peneliti berusaha mengkonstruksi realitas sehingga bisa memperhatikan proses dan peristiwa yang terjadi. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teori yang digunakan adalah teori motivasi dan kekuasaan. Hasil dari penelitian yaitu adanya heterogenitas motivasi dari seorang kandidat yang munculnya motivasi karena adanya kepentingan pribadi kandidat tersebut. Motivasi tersebut adalah motivasi ekonomi dan motivasi politik. Dengan motivasi yang sudah ada, maka akan muncul suatu strategi untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan, dengan melihat terlebih dahulu latar belakang kehidupan masyarakatnya agar strategi yang digunakan tersebut bisa tepat mengenai subyek pemilih yang dituju. Strategi yang digunakan memanfaatkan jaringan kekerabatan dan hubungan kelompok-kelompok strategis seperti kelompok agamis dan juga tokoh masyarakat. Selain itu, pada saat berkampanye kandidat membacakan program-program yang dilakukan jika nantinya terpilih. Diharapkan dengan membaca program tersebut membuat masyarakat tertarik dan mau memberikan suaranya. Selain itu money politic juga turut serta dalam pemilihan kepala desa ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.P.35/13 Bra m
Uncontrolled Keywords: POLITIK
Subjects: J Political Science
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government > K3290-3304 The people. Election law
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
NUR SATRYA WAHYU BRAMMANTYA, 070913031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWisnu Pramutanto, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2013 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 01:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16500
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item