Strategi Kandidat Dalam PILKADES (Strategi kemenangan Muhammad Husin di Desa Kenongo Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo dalam PILKADES tahun 2009)

DERI FEBRINANDA, 070913021 (2013) Strategi Kandidat Dalam PILKADES (Strategi kemenangan Muhammad Husin di Desa Kenongo Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo dalam PILKADES tahun 2009). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-febrinanda-28491-6.abstr-k.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) di seluruh daerah di indonesia dari sabang hingga merauke, pasti mempunyai keunikan tersendiri didalam penyelenggaraannya, baik didalam proses kegiatan tersebut maupun strategi-strategi yang digunakan oleh calon-calon kandidat terpilih yang nantinya pasti ada salah satu diantaranya yang akan mendapat jabatan tertinggi pada desa itu, oleh karenanya setiap kandidat pasti akan menggunakan strateginya untuk mendapatkan suara serta dukungan, dalam hal ini masyarakatlah yang akan menentukan kemenangan atau kekalahan kandidat tersebut. Penelitian ini dilakukan di Desa Kenongo Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo pada bulan April Hingga Juni 2013. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data: Indept interview (wawancara mendalam), dan juga dokumentasi arsip, sedangkan teknik pemilihan informan dilakukan dengan Purpose sampling (langsung pada target yang dituju). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keberhasilan seorang kandidat terpilih guna menarik simpati masyarakat yang lebih banyak serta lebih memungkinkan apabila kandidat terpilih tersebut bisa memanfaatkan “Kekuasaan” yang kandidat miliki yang selanjutnya akan diterjemahkan kedalam bahasa strategi politik, contohnya seperti, kampanye dan money politic, Sedangkan sumber kekuasaan itu sendiri dapat berasal dari harta, kekayaan, status, keluarga, ilmu pengetahuan, informasi, jabatan, popularitas, status sosial yang tinggi dan juga massa yang terorganisasi baik dari segi agama maupun ekonominya. Dengan adanya strategi politik maka dukungan formal dan informalpun akan mengalir dengan sendirinya untuk kandidat terpilih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.P.40/13 Feb s
Uncontrolled Keywords: STRATEGI POLITIK
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
DERI FEBRINANDA, 070913021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Prasetyo, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2013 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16505
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item