PENGUNGKAPAN RAHASIA KEHAMILAN DI LUAR NIKAH OLEH REMAJA PUTRI KEPADA ORANG LAIN

Reni Puspita Sari, 071015005 (2014) PENGUNGKAPAN RAHASIA KEHAMILAN DI LUAR NIKAH OLEH REMAJA PUTRI KEPADA ORANG LAIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-sarirenipu-30513-6.abstr-k.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji mengenai komunikasi interpersonal seorang remaja putri yang melakukan pengungkapan rahasia kehamilan di luar nikah kepada pihak lain. Penelitian ini menjadi menarik karena saat ini banyak fenomena remaja yang hamil di luar nikah sedangkan di dalam masyarakat hal tersebut merupakan hal yang tabu. Ketabuan hamil di luar nikah dan perkembangan psikologis remaja yang masih cenderung labil memunculkan resiko yang semakin besar apabila hal yang menjadi rahasia tersebut diketahui orang lain. Resikoresiko tersebut menyulitkan komunikasi untuk mengungkapkan rahasia kehamilannya. Sehingga rumusan masalah terkait penelitian ini mengenai bagaimana pengungkapan kehamilan di luar nikah yang dilakukan oleh remaja putri yang mengalami kehamilan di luar nikah kepada pihak lain. Tinjauan pustaka penelitian ini meliputi teori communication privacy management, resiko pengungkapan kehamilan, psikologi perkembangan remaja, perubahan anggapan hamil di luar nikah, dan penelitian terdahulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan in-depth interview dalam mengumpulkan data, dengan sasaran penelitian adalah remaja yang telah mengungkapkan rahasia kehamilan di luar nikah kepada pihak lain dan juga pihak lain yang dipilih remaja untuk mengungkapkan rahasia kehamilannya. Unit analisis penelitian adalah narasi hasil interview. Setelah melakukan penelitian, peneliti memperoleh hasil bahwa setiap remaja putri memiliki perbedaan dalam mengungkapkan rahasia kehamilannya kepada pihak lain. Hal tersebut dipengaruhi oleh kedalaman hubungan (depth) dan kepercayaan (trust), latar belakang keluarga, gender, motivasi, keuntungan dan kerugian pengungkapan informasi rahasia, kondisi lingkungan dan juga psikologi remaja tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.19/14 Sar p
Uncontrolled Keywords: KEHAMILAN DI LUAR NIKAH
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Reni Puspita Sari, 071015005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYuyun Wahyu Izati Surya, S.Sos., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 03:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16564
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item