WACANA PERAN PEREMPUAN DALAM KOLOM STORY PADA RUBRIK FOR HER SURAT KABAR JAWA POS

Ammalia Agustya Rachmawati, 071015044 (2014) WACANA PERAN PEREMPUAN DALAM KOLOM STORY PADA RUBRIK FOR HER SURAT KABAR JAWA POS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-rachmawati-30524-6.abstr-k.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji mengenai peran perempuan yang diwacanakan dalam teks Kolom Story Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena peran perempuan yang digambarkan dalam media massa cenderung menonjolkan peran dalam wilayah domestik daripada wilayah publik. Peran perempuan selalu dikaitkan dengan peran dengan konsep Ibuism yang turut mendasari munculnya representasi perempuan dalam media massa sehingga peran perempuan yang muncul dalam media massa masih identik dengan peran perempuan dalam wilayah domestik. Melalui penelitian ini, peneliti ingin membongkar peran perempuan yang ditampilkan dalam teks Kolom Story Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos. Tinjauan pustaka dari penelitian ini adalah mengenai Representasi Identitas Perempuan dalam Media Massa. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksploratif dengan kombinasi analisis wacana Sara Mills dan Semiotika CS Pierce sebagai metode. Peneliti diharapkan mampu mengeksplorasi posisi perempuan dalam teks sehingga penggambaran perempuan yang diwacanakan dapat terungkap. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran perempuan yang muncul dalam Kolom Story masih dibatasi oleh beberapa hal seperti kondisi Sosiokultural masyarakat Indonesia dan kodrat dari perempuan itu sendiri. Meskipun peran perempuan di wilayah publik sudah diakui, hal tersebut ternyata belum menjamin kebebasan perempuan dalam merepresentasikan perannya di media. Peran perempuan di wilayah publik tidak dapat begitu saja meninggalkan perannya di wilayah domestik. Tidak hanya itu, kebebasan perempuan yang bekerja juga masih dibatasi oleh peran suami. Dengan demikian, wacana mengenai peran perempuan yang muncul masih membahas peran perempuan di wilayah domestik dan kolom Story belum bisa menampilkan kedua peran perempuan secara seimbang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.21/14 Rac w
Uncontrolled Keywords: REPRESENTASI
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Ammalia Agustya Rachmawati, 071015044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYuyun Wahyu Izati Surya, S.Sos., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 07:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16566
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item