PRESTI KARLINA RAHMANIA, 070610069 (2011) MPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (Studi Deskriptif Tentang Pelaksanaan Muatan Lokal Bahasa Mandarin Dalam Implementasi KTSP/Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Lamongan ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rahmaniapr-20170-fisan0-k.pdf Download (363kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rahmaniapr-16919-fisan0-i.pdf Restricted to Registered users only Download (929kB) | Request a copy |
Abstract
Melalui pendidikan diharapkan negara Indonesia dapat maju dan berkembang sesuai dengan kemajuan dan tuntutan zaman dalam hal ilmu pengetahuan dan tekhnologi oleh karena itu pemerintah mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia yang masih tergolong buruk dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia. Dengan adanya fakta kualitas pendidikan yang makin menurun, pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan melakukan terobosan dengan melakukan pembaharuan dalam hal kurikulum yang ada pada saat ini yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan. Permasalahan yang diajukan oleh peneliti yaitu bagaimanakah implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dan muatan lokal bahasa mandarin di SMA Negeri 2 Lamongan serta faktor–faktor pendorong dan penghambat implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dan muatan lokal bahasa mandarin. Untuk menjawab permasalahan diatas, digunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe peneltian deskriptif. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dan selanjutnya berkembang dengan menggunakan teknik snowball. Data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam, serta memanfaatkan sumber data dokumen dan penelusuran data online. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Analisis dan interpretasi data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia baik yang diperoleh melalui wawancara mendalam maupun pemanfaatan sumber data dokumen, kemudian dipilah-pilah, dikombinasikan dan dikelompokkan atau dikategorikan serta menetapkan serangkaian keterkaitan data tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa dalam implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan berjalan dengan baik sedangkan untuk pelaksanaan muatan lokal bahasa mandarin di SMA Negeri 2 Lamongan berjalan kurang maksimal dikarenakan kurangnya jumlah tenaga pengajar atau guru yang belum relevansi dengan jurusannya. Selain itu adanya faktor-faktor penghambat seperti masih kurang lengkapnya peralatan (headset) dan kurangnya perawatan kebersihan di laboratorium, masih belum tersedianya aula yang dilengkapi dengan audio visual lengkap yang digunakan sebagai ruang pertemuan dan faktor selanjutnya masalah tidak mendapat blockgrant dari pemerintah untuk biaya gaji guru muatan lokal bahasa mandarin yang masih menjadi guru belum tetap (GTT). Kata kunci : Implementasi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Muatan Lokal, Bahasa Mandarin
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 Fis.AN.09/11 Rah i | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CURRICULUM | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2361-2365 Curriculum | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dewi Rekno Ulansari | ||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 14 Sep 2016 00:09 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16661 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |