PERBEDAAN MORFOLOGIS WAJAH DAN KEPALA PADA TENGKORAK JAWA DAN IRIAN

WAHYU MARJONO, 070610362 (2011) PERBEDAAN MORFOLOGIS WAJAH DAN KEPALA PADA TENGKORAK JAWA DAN IRIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-marjonowah-20342-fisant-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16694.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di Indonesia secara keseluruhan pembagian ras dihuni oleh dua sub ras yaitu Deutromalayid dan Protomalayid, kedua populasi ini mempunyai masing-masing bentuk morfologis yang berbeda. Populasi Jawa dan Irian terletak pada kawasan geografis yang berbeda, dan merupakan populasi yang mempunyai ciri-ciri kedua sub ras yang ada di Indonesia. Morfologis wajah dan kepala pada tengkorak merupakan fenotip yang dapat digunakan sebagai informasi rasial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan morfologis wajah dan kepala pada tengkorak Jawa dan Irian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan perspektif komparatif. Pengumpulan data menggunakan non-metris dengan metode osteoskopi dan metris menggunakan metode osteometris. Variabel-variabel non-metris yang digunakan berjumlah tujuh variabel, sedangkan variabel-variabel metris yang digunakan berjumlah tiga belas variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara osteoskopi terdapat perbedaan pada bentuk kepala, bentuk tulang zygomaticus,bentuk tulang nasalis, pangkal hidung, bentuk tulang orbita, dan bentuk tulang palatum, sedangkan secara osteometris terdapat perbedaan pada indeks cephalicus, indeks tinggi-panjang, indeks tinggi-lebar, indeks frontoparietal transversal, indeks orbita kiri, indeks orbita kanan, indeks palatal, prognathi wajah genap, prognathi hidung, dan prognathi alveolar. Pada tengkorak yang berjenis kelamin laki-laki secara osteoskopi terdapat perbedaan pada bentuk kepala, bentuk tulang zygomaticus, pangkal hidung, bentuk tulang orbita dan bentuk tulang palatum, sedangkan secara osteometris terdapat perbedaan pada indeks cephalicus, indeks tinggi-panjang, indeks tinggi-lebar, indeks frontoparietal transversal, indeks orbita kiri, indeks orbita kanan, indeks palatal, prognathi wajah genap, prognathi hidung, dan prognathi alveolar. Pada tengkorak yang berjenis kelamin perempuan secara osteoskopi terdapat perbedaan pada bentuk kepala, bentuk tulang zygomaticus, bentuk tulang nasalis, pangkal hidung, dan bentuk tulang palatum, sedangkan secara osteometris terdapat perbedaan pada indeks cephalicus, indeks tinggi-panjang, indeks tinggi-lebar, indeks frontoparietal transversal, indeks palatal, prognathi wajah genap, prognathi hidung, dan prognathi alveolar. Kata kunci: antropometri, osteoskopi, morfologi, indeks wajah, fenotipe

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. Ant. 20/11 Mar p
Uncontrolled Keywords: MORPHOLOGY RACE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ71-1185 History and Systems (including individual ethical philosophers)
C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU MARJONO, 070610362UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMyrtati Dyah Artaria, Dra., MA, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 20 Oct 2011 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 20:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16694
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item