POLA JARINGAN KOMUNIKASI PAGUYUBAN BECAK MESIN PEREMPATAN PASAR BARON KABUPATEN NGANJUK TERHADAP INOVASI BECAK MESIN

HERNAWAN WIDHI ANGGARA, 070610123 (2010) POLA JARINGAN KOMUNIKASI PAGUYUBAN BECAK MESIN PEREMPATAN PASAR BARON KABUPATEN NGANJUK TERHADAP INOVASI BECAK MESIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-anggaraher-20638-fisk05-k.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16766.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan analisis pola jaringan komunikasi paguyuban becak mesin perempatan pasar baron terhadap inovasi becak mesin. Lokasi Penelitian ini adalah di perempatan pasar Baron Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis jaringan komunikasi, sedangkan teori yang digunakan untuk analisis dan interpretasi data adalah Adopsi dan Inovasi, Komunikasi Konvergen, Struktur Komunikasi, Jaringan Komunikasi dan Teori Kuat Lemahnya Hubungan. Inovasi becak mesin merupakan berupa becak kayuh biasa namun telah dirubah tidak lagi bertenaga gerak kayuh manusia namun sudah bertenaga gerak mesin, mesin yang digunakan adalah mesin penggiling tepung yang memiliki tenaga sebesar 4,5 PK. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pola jaringan komunikasi paguyuban becak mesin perempatan pasar baron terhadap inovasi becak mesin. Diketahui bahwa kurangnya pemberian perhatian pemerintah setempat yaitu Pemerintah Kabupaten Nganjuk kepada tukang becak mesin mengenai legalitas dan regulasi yang resmi inovasi becak mesin berpengaruh pada tidak ada anggota di dalam paguyuban sebagai isolate atau tidak memiliki hubungan komunikasi terkait inovasi becak mesin tersebut, semua anggota paguuban memiliki hubungan komunikasi dengan anggota lainnya. Koalisi anggota di dalam sebuah sistem sosial yaitu paguyuban becak mesin perempatan pasar Baron semakin kuat hubungan komunikasinya dipengaruhi oleh kurang perhatian yang serius dari pemerintah setempat terkait dengan becak mesin. Dua klik yang terbentuk di dalam sistem memiliki kecenderungan karakter yang sama baik jumlah anggota klik, keterbukaan klik, dll, dua klik tersebut ternyata dipengaruhi juga dengan tempat dimana paguyuban beroperasi dipisahkan oleh jalan raya, anggota paguyuban beroperasi di dua sisi jalan raya yang berseberangan. Dengan kondisi tersebut membentuk dua kelompok kecil atau klik di dalam sebuah sistem yaitu paguyuban becak mesin perempatan pasar baron. Sedangkan hubungan komunikasi antar klik yang terjadi lebih banyak menuju ke klik satu, dimana di dalam klik satu terdapat anggota yang paling popular dan di tingkat paguyuban posisinya sebagai ketua paguyuban. Dalam penelitian ini diketahui jumlah opinion leader tergolong relatif banyak dan merata di tiap klik, di dalam satu klik terdapat lebih dari satu opinion leader. Klik satu dan klik dua sama-sama memiliki 5 opinion leader, hal tersebut juga dipengaruhi oleh banyak anggota yang sudah menguasai berbagai hal mengenai becak mesin, selain itu permasalahan dari pemerintah terkait regulasi dan legalitas becak mesin juga berpengaruh terhadap banyaknya keberadaaan peran opinion leader di tiap masing-masing klik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. K. 05/11 Ang p
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION NETWORK
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology(General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Computer networks and Data transmission systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
HERNAWAN WIDHI ANGGARA, 070610123UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYan Yan Cahyana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 04 Nov 2011 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 16:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16766
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item