RIDHOWATI SAPUTRI
(2011)
PENDIDIKAN GRATIS (Studi Fenomenologi tentang Program pendidikan Gratis dalam Keluarga miskin di Kec. Mayangan, Kota Probolinggo).
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini berawal dari referensi beberapa sumber literatus yang dimiliki oleh peneliti serta pengalaman peneliti di lingkungan sekitar tentang anak rawan dalam keluarga miskin. Anak rawan itu sendiri merupakan pengertian tentang anak-anak yang mengalami tekanan sosial dan ekonomi sehingga hak-haknya terabaikan. Salah satu hak anak yang terabaikan adalah hak untuk memperolah pendidikan. Dalam penelitian ini peneliti membahas masalah dengan menggunakan teori Fenomenologi Alfred Schutz. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana anak-anak dan keluarga miskin memahami serta mendefinisikan pendidikan. penelitian ini menggunakan paradigm Definisi sosial dimana actor mendefinisikan situasi sosial mereka dan pengaruhnya terhadap tindakan dan integrasi berikutnya. Data yang didapat dari para informan dan hasil observasi dijabarkan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode dan prosedur penelitian kualitatif. Peneliti menemukan bahwa actor mendefinisikan situasi sosial yang terjadi pada mereka berdasarkan pengalaman masa lalu. Seperti orang tua yang memahami pentingnya pendidikan berdasarkan pengalamannya yang tidak bersekolah serta pengaruhnya saat ini bagi keluarga.
Actions (login required)
|
View Item |