PENGARUH KETERGANTUNGAN ENERGI MINYAK INDUSTRI OTOMOTIF JERMAN PADA KEBIJAKAN LUAR NEGERI JERMAN TERHADAP RUSIA

PANCA P. S. PADANG (2010) PENGARUH KETERGANTUNGAN ENERGI MINYAK INDUSTRI OTOMOTIF JERMAN PADA KEBIJAKAN LUAR NEGERI JERMAN TERHADAP RUSIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-padangpanc-21272-fishi0-k.pdf

Download (334kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jerman merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Uni Eropa, dengan GDP 3.667.513 Dolar AS. Penggerak utama perekonomian Jerman datang dari industri otomotifnya yang menyumbang 29,1 persen dari keseluruhan perekonomian Jerman. Untuk menggerakkan industrinya, Jerman mengkonsumsi energi energi yang cukup besar, mencapai 33,8 persen atau sekitar 69,989 metrik ton minyak. Dalam memenuhi kebutuhan energinya, Jerman mengandalkan pasokan energi minyak dari Rusia melalui Gazprom dan Lukoil. Suplai minyak Rusia kepada Jerman mencapai 30 persen. Ketergantungan Jerman terhadap suplai minyak Rusia mempengaruhi kebijakan-kebijakan luar negeri Jerman. Pengaruhnya terhadap kebijakan luar negeri Jerman dapat dilihat dari dialog mengenai energi yang dilakukan bersama Rusia dan sikap netral yang diambil Jerman mengenai masalah Georgia-Rusia. Ketergantungan ini seringkali membuat kebijakan luar negeri Jerman terhadap Rusia melunak, terutama yang terkait dengan isu-isu HAM. Dalam menyikapi ketergantungan energi yang dihadapinya, Jerman bersikap netral dan lebih lunak. Hal ini terlihat dari kebijakannya mengenai permasalahan Ossetia Selatan. Sikap Jerman melalui kebijakannya di permasalahan Georgia, merupakan upaya Jerman dalam menanggapi ketergantungan industri otomotifnya terhadap suplai minyak Rusia sehingga industri otomotif Jerman dapat tetap berlangsung karena pasokan minyak dari Rusia tidak terancam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. HI. 06/11 Pad p (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS ; GOVERMENT
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TP670-699 Oils, fats, and waxes
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
PANCA P. S. PADANGUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSartika Soesilowati, Dra., MA, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 01 Dec 2011 12:00
Last Modified: 10 Sep 2016 13:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16909
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item