FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB STAGNASI PEMERINTAH INDONESIA DALAM PROSES RATIFIKASI STATUTA ROMA

LUCKY LILLY CASANDRA, 070710573 (2011) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB STAGNASI PEMERINTAH INDONESIA DALAM PROSES RATIFIKASI STATUTA ROMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-casandralu-21419-fishi3-k.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-casandralu-18022-fishi3-f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menelaah proses perumusan kebijakan luar negeri Indonesia terhadap Statuta Roma tentang International Criminal Court (ICC). Statuta Roma merupakan suatu konferensi diplomatik yang diadakan pada tahun 1998 untuk membicarakan pembentukan suatu pengadilan internasional. Indonesia merupakan salah satu negara yang turut hadir dalam konferensi tersebut, namun hingga Februari 2011 ini belum meratifikasinya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya hambatan yang ditemui dalam proses perumusan kebijakan, hingga menyebabkan pemerintah belum melaksanakan ratifikasi. Penelitian berjenis explanatory research ini kemudian dianalisis melalui teori sistem dan kebijakan luar negeri. Dalam suatu perjanjian internasional, proses ratifikasi dilakukan melalui DPR dan pemerintah. Berdasarkan analisis yang dilakukan serta data-data yang dikumpulkan, adanya stagnasi dalam proses perumusan kebijakan luar negeri menjadi jawaban sementara dalam penelitian ini. Melalui teori sistem yang dijabarkan Easton, ditemukan tiga faktor utama yang menyebabkan proses ratifikasi mengalami stagnasi. Faktor pertama adalah kuatnya dominasi TNI dan militer. Kedua adalah kurangnya pemahaman terhadap Statuta Roma. Faktor terakhir adanya koordinasi yang kurang baik antar instansi pemerintahan. Ketiga faktor di atas menjadi kunci utama penyebab belum diketahuinya kepastian mengenai kapan pemerintah Indonesia akan melakukan ratifikasi Statuta Roma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. HI. 39/11 Cas f
Uncontrolled Keywords: INDONESIA- GOVERMENT POLITIC
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4701-4751 Government securities. Industrial securities. Venture capital
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
LUCKY LILLY CASANDRA, 070710573UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilik Salamah, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 15 Dec 2011 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 05:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item