Feodalisme Informasi dalam Kasus Kanker Serviks Di Indonesia

YUNESSHA PUTI LALITA (2010) Feodalisme Informasi dalam Kasus Kanker Serviks Di Indonesia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-lalitayune-21429-fishi2-k.pdf

Download (333kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Globalisasi sering memunculkan permasalahan dalam berbagai bidang. Salah satu isu yang marak dibicarakan adalah isu mengenai globalisasi dan persebaran teknologi. Salah satu isu yang menjadi sorotan adalah dalam bidang kesehatan, terutama terkait dengan tingginya harga obat-obatan yang sulit dijangkau masyarakat di negara berpendapatan rendah. Di sisi lain, penyakit tersebut merupakan penyakit yang menjadi epidemi secara global, seperti AIDS, TBC, Malaria, dan juga Kanker. Dalam tulisan ini diangkat rumusan masalah apa yang menyebabkan tingginya harga obat kanker serviks di Indonesia. Untuk menjawab rumusan masalah itu dalam penelitian ini digunakan pemikiran Drahos dan Braitwite yang terkait dengan feodalisme informasi. Selain itu, pendekatan kualitatif digunakan untuk menjawab rumusan masalah tersebut. Oleh sebab itu, hipotesis dalam penelitian ini adalah tingginya harga obat disebabkan oleh adanya feodalisme informasi yang didukung melalui penerapan hak paten. Feodalisme informasi tersebut terjadi dalam tataran produksi dan distribusi obat kanker serviks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. HI. 27/11 Lal f (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: CANCER SERVIC
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q350-390 Information Theory
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA407-409.5 Health status indicators. Medical statistics and surveys
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
YUNESSHA PUTI LALITAUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorB. L. S. Wahyu Wardhani, Dra., MA, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 15 Dec 2011 12:00
Last Modified: 10 Sep 2016 13:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16947
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item