KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT TERHADAP INDIA DAN IRAN MENGENAI PROGAM NUKLIR PADA MASA PERIODE KEDUA PEMERINTAHAN GEORGE.W.BUSH (2005-2009)

RINA SEPTIANA (2010) KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT TERHADAP INDIA DAN IRAN MENGENAI PROGAM NUKLIR PADA MASA PERIODE KEDUA PEMERINTAHAN GEORGE.W.BUSH (2005-2009). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-septianari-21430-fishi2-k.pdf

Download (334kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebijakan luar negeri Amerika Serikat pada periode kedua pemerintahan George W Bush atas program nuklir yang dikembangkan India dan Iran dimana Amerika serikat bersikap lebih lunak atas India bisa dilihat dari adanya kerjasama yang telah dibuat oleh kedua negara tersebut. Kesepakatan tersebut dinamakan US- India Nuclear Deal. Sementara pada Iran, Amerika Serikat bersikap keras atas progam nuklir yang dikembangkannya yang terbukti dengan adanya sanksi ekonomi dan mempelopori resolusi Dewan Keamanan PBB. Penelitian ini mengupas alasan mengapa Amerika Serikat bersikap demikian. melalui kerangka teori balance of power dan Arm Races serta konsep kepentingan nasional, diketahui bahwa perbedaan sikap itu tersebut dikarenakan iran dianggap sangat mengancam atas stabilitas internasional Karena pengembangan progam nuklir Iran dianggap akan menganggu dalam balance of power Amerika Serikat. Semetara pengembangan nuklir India bisa menguntungkan posisi balance of power Amerika Serikat untuk menghadapi Power China. Maka rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah faktor apakah yang membuat Amerika Serikat memberikan kebijakan yang berbeda terhadap pengembangan nuklir India dan Iran. Untuk menjawab pertanyaan ini peneliti menggunakan pendekatan Balance of Power, Arm Races serta konsep kepentingan nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis HI. 28/11 Sep k
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS ; UNITED STATES-FOREIGH RELATIONS
Subjects: J Political Science > JK Political institutions (United States)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7720 Recognition of foreign administrative acts
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
RINA SEPTIANAUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilik Salamah, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 16 Dec 2011 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 02:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16948
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item