MEKANISME SURVIVAL PEKERJA BORONGAN DI PABRIK GULA TRANGKIL, PATI (Studi Deskriptif Tentang Mekanisme Survival Pekerja Borongan di Pabrik Gula Trangkil, Pati Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Jawa Tengah)

ANITA FEBRIANA, 070417496 (2009) MEKANISME SURVIVAL PEKERJA BORONGAN DI PABRIK GULA TRANGKIL, PATI (Studi Deskriptif Tentang Mekanisme Survival Pekerja Borongan di Pabrik Gula Trangkil, Pati Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Jawa Tengah). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Abstrak)
abstrak16979.pdf

Download (589kB)
[img] Text (FULLTEXT)
16979.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pekerja borongan harus mengatur penghasilan sesuai musim, mengatur alokasi tenaga kerja, dan mengalokasikan penghasilan dari pabrik gula untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi pekerja borongan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya, mendeskripsikan fenomena secara riil mengenai mekanisme survival yang dilakukan pekerja borongan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya, dan mengetahui pranata sosial yang membantu pekerja borongan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Tipe penelitian menggunakan studi deskriptif. Lokasi penelitian di Pabrik Gula Trangkil, Pati. Subjek penelitian diambil populasi sebanyak 35 responden, dimana responden pada penelitian ini adalah pekerja borongan yang menerima upah mingguan. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data dengan cara deskriptif dengan menyajikan tabel prosentase. Hasil penelitian adalah: Kendala yang dihadapi pekerja borongan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya adalah kendala minimnya upah yang diterima pekerja borongan. Mekanisme survival yang dilakukan pekerja borongan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya adalah pekerja borongan mempunyai pekerjaan sampingan, pekerja borongan melakukan pemanfaatan tenaga kerja kepada anggota keluarga, pekerja borongan mengurangi jumlah porsi makan, pekerja borongan melakukan produksi subsistens, pekerja borongan meminum obat tradisional atau obat ramuan dari kebun sendiri, pekerja borongan membeli pakaian dengan cara kredit, pekerja borongan berpaling ke sistem penunjang yang ada di sekitarnya, pekerja borongan menggadaikan barang kepada pihak Pegadaian, pekerja borongan meminjam uang kepada pihak lain, dan pekerja borongan melakukan migrasi. Pranata sosial yang membantu pekerja borongan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya adalah saudara, tetangga, sesama pekerja borongan, dan rentenir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.21/10 Feb m
Uncontrolled Keywords: LABOR PRODUCTIVITY
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
ANITA FEBRIANA, 070417496UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah, Dra. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 30 Jun 2015 12:00
Last Modified: 31 May 2019 03:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16979
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item