STRATEGI MAINTENANCE RELATIONSHIPS PASANGAN SUAMI ISTRI DENGAN STATUS ISTRI SEBAGAI MAHASISWI PADA AWAL PERNIKAHAN

JELLITA AROUNASTI, 070517709 (2009) STRATEGI MAINTENANCE RELATIONSHIPS PASANGAN SUAMI ISTRI DENGAN STATUS ISTRI SEBAGAI MAHASISWI PADA AWAL PERNIKAHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2009-arounastij-16882-abstrak-0.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2009-arounastij-14205-fis.k.47-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai strategi maintenance relationships pasangan suami istri dengan status istri sebagai mahasiswi pada awal pernikahan. Setelah menikah seorang mahasiswi menjalani peran sebagai mahasiswi sekaligus istri. Berkaitan dengan hal tersebut, suami dan istri harus beradaptasi di awal pernikahan. Karena pada awal pernikahan pasangan menghadapi berbagai perubahan. Sehingga diperlukan strategi dalam maintenance relationships pada awal pernikahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi maintenance relationships pasangan suami istri dengan istri masih berstatus sebagai mahasiswi pada awal pernikahan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teori yang digunakan adalah family communication dan maintenance relationships. Tipe penelitian yang digunakan deskriptif. Pengumpulan data dengan teknik wawancara mendalam. Teknik analisis data dengan interpretasi dan menelaah hasil wawancara berupa transkrip. Hasil penelitian menunjukkan masing-masing informan mempunyai beberapa strategi dalam proses maintenance relationships pada awal pernikahan. Pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh dan tinggal dengan orang tua menggunakan strategi communicate, share joint activities atau sharing tasks, be open atau openness, be positive atau positivity dan social networks. Pasangan yang tinggal bersama dengan orang tua menggunakan strategi communicate, share joint activities atau sharing tasks, be open atau openness, dan kepercayaan. Pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh dan tidak tinggal dengan orang tua menggunakan strategi communicate, share joint activities atau sharing tasks, be open atau openness, kepercayaan, tanggung jawab, dan saling mengalah. Dalam penelitian ini ditemukan strategi baru dalam maintenance relationships pada awal pernikahan. Strategi tersebut adalah kepercayaan, tanggung jawab, dan saling mengalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.47/10 Aro s
Uncontrolled Keywords: INTERFAITH MARRIAGE RELATIONSHIP
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
JELLITA AROUNASTI, 070517709UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdijati, Dra, M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 01 Jul 2015 12:00
Last Modified: 30 Oct 2016 03:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17012
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item