MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS PT PERTAMINA (PERSERO) UNIT PENGOLAHAN IV CILACAP (Studi Kasus tentang Manajemen Krisis oleh Hupmas PT Pertamina (Persero) UP IV Cilacap Pasca Perolehan Predikat Hitam dalam Program Audit "PROPER" Periode Tahun 2002-2003

NUR ALINIE WISUDANI, 070517637 (2009) MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS PT PERTAMINA (PERSERO) UNIT PENGOLAHAN IV CILACAP (Studi Kasus tentang Manajemen Krisis oleh Hupmas PT Pertamina (Persero) UP IV Cilacap Pasca Perolehan Predikat Hitam dalam Program Audit "PROPER" Periode Tahun 2002-2003. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2009-wisudaninu-17931-abstrak-0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2009-wisudaninu-14960-fis.k.43-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pada pengumuman hasil audit perdana Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) periode 2002-2003, PT Pertamina (Persero) Unit Pengolahan IV Cilacap justru memperoleh predikat Hitam, yang berarti kilang terbesar di Indonesia ini dianggap sebagai perusahaan yang paling berbahaya bagi lingkungan. Hal ini tidak hanya berpengaruh pada buruknya corporate image UP IV Cilacap dan Pertamina secara keseluruhan, tapi juga mengancam eksistensi perusahaan, dikarenakan pemerintah mengeluarkan ancaman bagi perusahaan yang memperoleh predikat hitam sebanyak 2 kali akan dikenakan sanksi pidana. Situasi ini ditambah dengan pemberitaan negatif media massa, merupakan sebuah krisis bagi UP IV Cilacap yang berdampak pada menurunnya kepercayaan publik perusahaan, khususnya Pemerintah sebagai stakeholder utama Pertamina. Public Relations (PR) berperan penting dalam menjalankan manajemen krisis, khususnya pada aspek komunikasi krisis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja PR Pertamina UP IV Cilacap yang disebut dengan Hubungan Pemerintah dan Masyarakat (Hupmas), dalam menjalankan manajemen krisis PROPER Hitam tersebut, hingga pada akhirnya dapat mengembalikan citra perusahaan sebagai kilang minyak yang berwawasan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa indepth interview. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa Hupmas UP IV Cilacap dalam manajemen krisis tersebut dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu before the crisis, during the crisis, dan after crisis. Tahapan before the crisis terdiri atas early warning system, tahap persiapan dengan membentuk Tim Penanggulangan Crisis (TPC) dan pengumpulan data. Juga planning dengan melakukan evaluasi internal, memilih komunikator dengan sistem one door policy, isi pesan dalam crisis communication, serta publikasi terhadap internal UP IV Cilacap sebelum krisis resmi terjadi. Selanjutnya tahapan during the crisis dengan menerapkan crisis communication kepada Pertamina Pusat, pemerintah daerah, dan menjalankan media relations, serta lobbying dengan KNLH. Kemudian tahapan after the crisis berupa evaluasi serta pelaksanaan publikasi dan sosialisasi untuk mengkomunikasikan citra perusahaan sebagai Kilang Minyak Berwawasan Lingkungan lewat keberhasilan UP IV Cilacap dalam perolehan PROPER Hijau yang diumumkan pada 31 Juli 2008. Prestasi ini menjadikan UP IV Cilacap sebagai satu-satunya unit pengolahan migas dan mantan pemegang PROPER Hitam yang berhasil mendapatkan PROPER Hijau di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 43/10 Wis m
Uncontrolled Keywords: RISK ASSESSMENT; PUBLIC RELATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV551.2-639 Emergency management > HV553-639 Relief in case of disasters
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
NUR ALINIE WISUDANI, 070517637UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYan Yan Cahyana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 01 Jul 2015 12:00
Last Modified: 01 Nov 2016 11:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17056
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item