ANALISIS STRATEGI POSITIONING "ETHNIC BATIK" DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN ( STUDI KASUS : CV. ERFAS JAYA - ETHNIC BATIK )

DEVINA RAMADHANY, 070517641 (2009) ANALISIS STRATEGI POSITIONING "ETHNIC BATIK" DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN ( STUDI KASUS : CV. ERFAS JAYA - ETHNIC BATIK ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-ramadhanyd-18095-abstrak-0.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
17063 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
17063 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
17063 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
17063 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
17063 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17063 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
17063 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai strategi positioning merk baru di pasaran. Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan yang mengembangkan produknya di pasaran. Perusahaan yang diteliti adalah CV. Erfas Jaya, dengan produknya yaitu batik tulis, dengan merk dagang “Ethnic Batik”. Membangun sebuah citra sangat perlu dilakukan agar sebuah produk memiliki nilai jual di pasaran. Citra tersebut dibentuk oleh perusahaan dengan menetapkan strategi positioning. Batik menjadi topik yang hangat diperbincangkan setelah UNESCO meresmikan Batik sebagai warisan budaya Indonesia. Dampaknya adalah meningkatnya citra batik dipasaran. Ethnic Batik hadir dengan membawa warna baru bagi industri Batik. Pembentukan citra sangat diperlukan mengingat banyaknya persaingan yang terjadi dalam industri batik. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi positioning untuk bisa bersaing dalam industri batik. Strategi tersebut berhubungan dengan penentuan segmen dan target dari sebuah produk. Strategi positioning tersebut perlu didukung dengan adanya bentuk-bentuk bauran komunikasi pemasaran sebagai bentuk implementasi dari strategi positioning yang dilakukan. Hal inilah yang menggugah minat peneliti untuk menggambarkan bagaimana strategi positioning yang dilakukan oleh “Ethnic Batik” di bawah payung perusahaan CV. Erfas Jaya dalam komunikasi pemasaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. In depth interview digunakan peneliti untuk mengumpulkan data sehingga subjek penelitian ini adalah informan yang sesuai untuk menggambarkan strategi positioning yang dilakukan oleh ”Ethnic Batik”. Data primer tersebut didukung dengan data sekunder yang diperoleh dari internet, artikel, buku, dan database internal perusahaan. Untuk mempertajam analisis dan intrepetasi data, penelitian ini didukung dengan pembahasan mengenai segmentasi, target market, dan positioning. Dari analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa segmentasi yang dituju adalah segmentasi berdasarkan geografis, demografi, psikografis dan behavioral. Sedangkan untuk target market yang dipilih oleh Ethnic Batik adalah product specialization. Dengan ditetapkannya segmentasi dan target market, maka dapat disimpulkan bahwa strategi positioning yang dipakai adalah atribute positioning, use and application positioning, quality positioning serta ingredient positioning. Strategi positioning yang dipilih Ethnic Batik didukung dengan advertising, personal selling, marketing public relations, direct selling, sales promotion, dan internet marketing sebagai bentuk-bentuk bauran komunikasi pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 69/10 Ram a
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION - MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
DEVINA RAMADHANY, 070517641UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndria Saptyasari, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 2015 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 19:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17063
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item