"Opini Pelajar SMA di Surabaya Terhadap Halaman Deteksi Pada Surat Kabar Jawa Pos"

Rindang Ganesha, 0705 17575 (2010) "Opini Pelajar SMA di Surabaya Terhadap Halaman Deteksi Pada Surat Kabar Jawa Pos". Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-ganesharin-18283-asbtrak-0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-ganesharin-15119-fis.k.86-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai opini Pelajar SMA di Surabaya terhadap Halaman Deteksi pada Surat Kabar Jawa Pos. Latar belakang peneliti memilih Halaman Deteksi adalah bahwa media massa ini cukup fenomenal di kalangan remaja, khususnya remaja Surabaya. Baik media massa dan eventnya cukup mendapat respon yang baik dikalangan para remaja. Padahal Halaman Deteksi sendiri terinspirasi dari USA Todays sebuah surat kabar di Amerika Serikat. Sedangkan event-event yang diselenggarakan oleh Deteksi juga terinspirasi oleh event-event pelajar SMA di Amerika Serikat. Budaya-budaya yang dibawa oleh Deteksi ini merupakan budaya baru di masyarakat Indonesia, khususnya Surabaya sebagai kota dimana Halaman Deteksi dan dilahirkan. Dari penjabaran tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana tanggapan masyarakat terutama Pelajar SMA sebagai target segmentasi utama dari Halaman Deteksi mengenai Halaman Deteksi. Dengan Rumusan masalah yaitu : Bagaimana opini Pelajar SMA di Surabaya terhadap Halaman Deteksi pada Surat Kabar Jawa Pos?” Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang bertujuan menggambarkan kecenderungan arah opini responden mengenai keseluruhan unsur di dalam Halaman Deteksi. Kecenderungan opini tersebut dibagi menjadi dua yaitu favourable dan unfavorable. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey, dengan sample sebanyak 120 responden yang tersebar di SMA di wilayah Kota Surabaya, dengan menggunakan teknik pengambilan sample cluster random sampling. Data yang terkumpul dianlisis menggunakan tabel frekuensi dan tabel silang. Melalui analisis dan interpretasi data, diketahui bahwa sebagian besar Pelajar SMA di Surabaya, cenderung memiliki opini yang positif terhadap keseluruhan unsur yang ada di dalam Halaman Deteksi. Adapun opini tersebut adalah opini positif terhadap Halaman Deteksi secara umum, polling yang dilakukan oleh Deteksi, dan rubrik-rubrik yang ada di dalam Halaman Deteksi. Sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan unsur yang ada pada Halaman Deteksi dapat diterima oleh Pelajar SMA di Surabaya dengan kecenderungan opini yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 86/10 Gan o
Uncontrolled Keywords: NEWSPAPER; HIGH SCHOOL STUDENTS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Rindang Ganesha, 0705 17575UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Pudji Rahayu, Dra. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 02 Nov 2016 17:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item