BENTUK KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PEMBENTUKAN TOP OF MIND AWARENESS MEREK SEPEDA MOTOR PADA PENGGUNA SEPEDA MOTOR DI SURABAYA

NABILA DA VIANA MULIA, 070610181 (2010) BENTUK KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PEMBENTUKAN TOP OF MIND AWARENESS MEREK SEPEDA MOTOR PADA PENGGUNA SEPEDA MOTOR DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-mulianabil-18284-abstrak-0.pdf

Download (838kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-mulianabil-15120-fis.k.87-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan industri saat ini sangatlah ketat, tidak terlepas pada industri sepeda motor. Kemunculan merek – merek sepeda motor baru membuat konsumen semakin bingung untuk menentukan pilihan. Setiap perusahaan atau pemasar berlomba – lomba untuk melakukan komunikasi pemasaran kepada konsumen. Penelitian ini mengenai bentuk komunikasi pemasaran yang berperan dalam pembentukan top mind of awareness merek sepeda motor. Peneliti tertarik untuk menemukan merek sepeda motor apakah yang paling banyak menjadi top of mind awareness di tengah-tengah persaingan sepeda motor yang sangat ketat saat ini. Kegiatan komunikasi pemasaran memiliki peran yang besar yakni untuk memperkenalkan suatu produk kepada konsumen atau membentuk brand awareness tersebut. Adapun bentuk komunikasi pemasaran meliputi personal selling, publicity/public relations, advertising, sales promotion, internet marketing, sponsorship marketing, point-of-purchase, word of mouth communication, dan direct marketing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampling yaitu purposive sampling. Berdasarkan temuan data yang diperoleh, sepeda motor dengan merek Honda paling banyak dipilih oleh responden sebagai Top of Mind Awareness merek sepeda motor yakni dengan persentase sebesar 54,67% atau sejumlah 82 responden. Bentuk komunikasi pemasaran yang paling banyak berperand alam pembentukan Top of Mind Awareness merek sepeda motor adalah iklan di televisi sebesar 58,67%, iklan di koran atau surat kabar sebesar 31,33%, baliho atau billboard 16,67%, spanduk 14,67%, dan event serta sponsorship masing – masing sebesar 10%. Dapat dikatakan bahwa bentuk komunikasi yang memiliki peran paling dominan dalam membentuk Top of Mind Awareness merek sepeda motor adalah periklanan (advertising).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 87/10 Mul b
Uncontrolled Keywords: MARKETING COMMUNICATION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
NABILA DA VIANA MULIA, 070610181UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndria Saptyasari, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 02 Nov 2016 17:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17081
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item