Penerapan Disiplin di Sekolah, Keteraturan Tingkah Laku Anak, dan Prestasi Anak Sekolah Dasar (Studi Eksplanasi Tentang Hubungan Antara Penerapan Disiplin di Sekolah, Keteraturan Tingkah Laku Anak, dan Prestasi Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Kertajaya Surabaya)

YUSNIAR KARTIKA SARI, 070610201 (2010) Penerapan Disiplin di Sekolah, Keteraturan Tingkah Laku Anak, dan Prestasi Anak Sekolah Dasar (Studi Eksplanasi Tentang Hubungan Antara Penerapan Disiplin di Sekolah, Keteraturan Tingkah Laku Anak, dan Prestasi Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Kertajaya Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-sariyusnia-18727-abstrak-0.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-sariyusnia-18727-abstrak-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menjawab beberapa rumusan masalah berikut: Apakah ada hubungan antara penerapan disiplin di sekolah, keteraturan tingkah laku anak dan prestasi anak sekolah dasar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian ekspalantif, penelitian yang dimaksudkan tidak hanya sekedar memberikan gambaran mengenai realitas sosial tertentu yang menjadi fokus perhatian, tetapi juga ingin mengetahui bagaimana hubungannya dengan realitas sosial lainnya. Penelitian ini menggunakan teori pendidikan moral Emile Durkheim, interaksi sosial, sosialisasi, dan kontrol sosial Travis Hirschi dan tinjauan pustaka tentang prestasi belajar. Populasi yang dijadikan sampel penelitian adalah siswa kelas 6 Sekolah Dasar di Seluruh Sekolah Dasar Negeri, Sekolah dasar Swasta dan Madrasah Ibtidaiyah di kelurahan Kertajaya Surabaya. Penelitian ini menggunakan random sampling dan teknik penarikan sampel dengan Simple random sampling artinya sampel diambil secara acak melalui sistem undian sehingga tiap unit penelitian dari populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara terstruktur dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi, serta observasi. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif, selanjutnya untuk menguji hubungan antara variabel X, Y, dan Z menggunakan tes uji statistik Non-parametrik koefisien korelasi Rank Kendall, kemudian dianalisis berdasarkan teori serta berdasarkan hasil dari penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini adalah ada hubungan antara penerapan disiplin di sekolah, keteraturan tingkah laku anak dan prestasi anak sekolah dasar yakni semakin tinggi penerapan disiplin di sekolah dan semakin tinggi keteraturan tingkah laku anak, maka semakin tinggi pula prestasi anak, dimana keteraturan tingkah laku berfungsi sebagai variabel antara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis S 96/10 Sar p
Uncontrolled Keywords: ELEMENTARY STUDENTS - BEHAVIOR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ767.8-792.2 Children. Child development
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
YUSNIAR KARTIKA SARI, 070610201UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong Suyanto, Drs, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 31 Oct 2016 17:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17136
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item