DINAMIKA POLITIK KELOMPOK KEPENTINGAN LESBIAN : STUDI TENTANG PEREMPUAN LESBIAN DALAM KOALISI PEREMPUAN INDONESIA UNTUK KEADILAN DAN DEMOKRASI (KPIKD)

SUDHIAR, WIDA IRVANY, NIM. 070116499 (2007) DINAMIKA POLITIK KELOMPOK KEPENTINGAN LESBIAN : STUDI TENTANG PEREMPUAN LESBIAN DALAM KOALISI PEREMPUAN INDONESIA UNTUK KEADILAN DAN DEMOKRASI (KPIKD). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KKB KK-2 Fis P. 06_07 Sud d.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17153.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelompok homokseksual dalam masyarakat merupakan salah satu kelompok marginal, dimana hak-hak mereka sebagai warga negara belum dapat sepenuhnya terpenuhi karena pilihan orientasi seksualnya tersebut. Hal ini mendorong perempuan lesbian, biseksual dan transgender bergabung dalam sebuah kelompok yang bernaung dalam Koalisi Perempuan Indonesia untuk Keadilan dan Demokrasi, yaitu sebuah organisasi massa perempuan skala nasional yang mengadvokasi berbagai isu terkait perempuan. Salah satu tujuan kelompok kepentingan adalah untuk menyuarakan aspirasi, baik politis maupun tidak. Dalam konteks ini, kelompok kepentingan LBT dalam KPI ikut berpartisipasi dalam kegiatan politis terkait isu homoseksual bekerjasama dengan organisasi lain, walaupun belum intensif. Fokus kegiatan dalam waktu 6 tahun setelah kelompok LBT ini terbentuk masih lebih berfokus pada penguatan internal perempuan LBT dalam KPI maupun pengenalan isu-isu homoseksual di masyarakat. Fokus kajian ini adalah kelompok kepentingan LBT sebagai sebuah lembaga. Metodologi kajian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan sumber primer wawancara dengan narasumber yang telah ditentukan terlebih dahulu, dan menggunakan sistem wawancara terbuka dimana diharapkan informasi yang diperoleh dari narasumber lebih dalam dan terbuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P. 06/07 Sud d
Uncontrolled Keywords: LESBIANISME
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ75-76.8 Homosexuality. Lesbianism
J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
SUDHIAR, WIDA IRVANY, NIM. 070116499UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Aminah,, Dra. MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 15 Jun 2007 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 20:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17153
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item