STUDI EKSPLORATIF TENTANG MODEL-MODEL PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO PENGHASIL MAKANAN OLAHAN HASIL LAUT DI KELURAHAN SUKOLILO SURABAYA

Nur Aini, 070517824 (2009) STUDI EKSPLORATIF TENTANG MODEL-MODEL PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO PENGHASIL MAKANAN OLAHAN HASIL LAUT DI KELURAHAN SUKOLILO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-aininur-16185-fisan5-k.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-aininur-13588-fisan5-n.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Model-Model Pemberdayaan Usaha Mikro Penghasil Makanan Olahan Hasil Laut di Kelurahan Sukolilo Surabaya. Adapun yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini adalah dalam beberapa tahun terakhir ini, sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya sektor usaha mikro memiliki peranan yang cukup besar dalam menanggulangi masalah kemiskinan dan pengangguran, hal ini dibuktikan dengan jumlah perkembangannya pada tiap tahun yang mampu menyerap banyak tenaga kerja. Akan tetapi seiring dengan perkembangannya, usaha mikro juga masih memiliki beberapa permasalahan-permasalahan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat dilakukan melalui upaya pemberdayaan dari sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian eksploratif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan dilanjutkan dengan teknik snowball. Penelitian ini mengambil lokasi di Kelurahan Sukolilo Surabaya dikarenakan kelurahan Sukolilo Surabaya merupakan sentra Usaha Mikro Penghasil Makanan Olahan Hasil Laut di Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan pengumpulan data sekunder berupa dokumen-dokumen. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini adalah terdapat empat model-model pemberdayaan usaha mikro penghasil makanan olahan hasil laut di Kelurahan Sukolilo Surabaya dengan menggunakan empat elemen pemberdayaan yaitu Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Penguatan Kelembagaan, Perbaikan Lingkungan Usaha, dan Pengembangan Jaringan Usaha, yaitu Model Pemberdayaan Usaha Mikro Penghasil Makanan Olahan Hasil Laut di Kelurahan Sukolilo Surabaya yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur, Model Pemberdayaan Usaha Mikro Penghasil Makanan Olahan Hasil Laut di Kelurahan Sukolilo Surabaya yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Penanaman Modal Kota Surabaya, Model Pemberdayaan Usaha Mikro Penghasil Makanan Olahan Hasil Laut di Kelurahan Sukolilo Surabaya yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Surabaya, dan Model Pemberdayaan Usaha Mikro Penghasil Makanan Olahan Hasil Laut di Kelurahan Sukolilo Surabaya yang dilakukan oleh Koperasi Perikanan ”Mina Jaya” Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 59/10 Ain s
Uncontrolled Keywords: SMALL BUSINESS; EMPOWEREMENT
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Nur Aini, 070517824UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSunaryo, Drs., M.PSiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 08:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17233
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item