PERANG SIPIL SIERRA LEONE DAN KETERLIBATAN LIBERIA DI BAWAH KEPEMIMPINAN CHARLES TAYLOR

Bayu Widyafrasta, 070517859 (2009) PERANG SIPIL SIERRA LEONE DAN KETERLIBATAN LIBERIA DI BAWAH KEPEMIMPINAN CHARLES TAYLOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-widyafrast-16220-fishi5-k.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-widyafrast-13625-fishi5-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sierra Leone, sebuah negara di wilayah Afrika Barat, menjadi tempat terjadinya salah satu konflik kekerasan berupa perang sipil di benua Afrika sepanjang tahun 1991-2002. Selama periode tersebut, kelompok oposisi yang menamakan diri Revolutionary United Front (RUF) melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan yang berkuasa dengan jalan menyebarkan teror kepada warga sipil melalui pembunuhan, pemotongan anggota tubuh (mutilasi), penculikan, serta pemerkosaan terhadap wanita dan anak-anak. Perang sipil ini menyebabkan sekitar 75.000 orang warga sipil terbunuh dan 500.000 orang mengungsi dari Sierra Leone. Liberia pada masa pemerintahan presiden Charles Taylor memiliki keterkaitan kuat terhadap keberlangsungan perang sipil ini. Hal ini dikarenakan RUF dibawah komando Foday Sankoh memulai usaha kudeta terhadap presiden Sierra Leone saat itu, Joseph Momoh dari wilayah territorial negara Liberia. Liberia juga secara diam-diam ikut menyuplai kebutuhan RUF dalam kelangsungan perang sipil tersebut, baik berupa logistik hingga bantuan persenjataan. Penelitian ini akan mencoba untuk menganalisa mengapa Liberia dibawah pemerintahan Charles Taylor ikut terlibat dalam perang sipil di Sierra Leone serta bagaimanakah bentuk keterlibatan Liberia tersebut. Untuk keperluan analisa tersebut, maka penelitian ini akan membahas latar belakang pemerintahan Charles Taylor di Liberia sendiri hingga keterkaitannya dengan pemberontakan Revolutionary United Front (RUF). Hipotesis yang didapat mengaitkan keterlibatan Liberia dalam perang sipil Sierra Leone ini dengan keserakahan tokoh Charles Taylor sebagai presiden Liberia pada saat itu atas kekuasaan dan sumber daya alam yang ada di Sierra Leone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 53/10 Wid p
Uncontrolled Keywords: REVOLUTIONARY UNITED FRONT; SIERRA LEONE--HISTORY--CIVIL WAR; 1991-
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ6385-6405 The armed conflict. War and order
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Bayu Widyafrasta, 070517859UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBLS Wahyu Wardhani, Dra., M.A., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 04:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17250
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item