PERILAKU BERMAIN GAME ONLINE (ONLINE GAME BEHAVIOR) (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Remaja Perkotaan di Surabaya dalam Bermain Game Online dan Aktivitas Sosial dalam Jejaring Komunitas Virtual)

Chandra Pratama Setiawan, 070610080 (2010) PERILAKU BERMAIN GAME ONLINE (ONLINE GAME BEHAVIOR) (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Remaja Perkotaan di Surabaya dalam Bermain Game Online dan Aktivitas Sosial dalam Jejaring Komunitas Virtual). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-setiawanch-17426-fisiip-k.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17300.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehadiran internet membawa dampak yang besar dalam kehidupan manusia. Kehadirannya menawarkan banyak pilihan kepada pengguna untuk menikmati hiburan online diwaktu luang, salah satunya adalah bermain game online. Permainan secara online ini merupakan terobosan dalam dunia game yang dapat menghubungkan pemain diseluruh dunia. Terobosan ini diiringi oleh semakin tingginya minat remaja di perkotaan untuk memilih game online sebagai hiburan mereka. Dari adanya fenomena tersebut peneliti ingin mengetahui gambaran perilaku bermain game online dan aktivitas sosial dalam jejaring komunitas virtual pada remaja di perkotaan. Penelitian mengenai game online yang pernah dilakukan merujuk pada perbedaan gender, pembentukan budaya atau sub budaya di antara para pemain game online. Selain itu studi yang pernah dilakukan, mengenai model permainan yang dikaitkan untuk model pembelajaran dimana digunakan untuk mengembangkan cara belajar didalam dunia pendidikan. Namun dalam penelitian ini, yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian dekriptif, peneliti ingin menggambarkan perilaku bermain game online yang bersentuhan langsung dengan pemain yang dilakukan oleh kalangan remaja perkotaan terkait jenis game, intensitas, biaya, tempat akses dan cara bermain serta aktivitas aktivitas sosial online yang dikembangkan selama bermain game online. Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti menunjukan bahwa permainan game online di kalangan remaja perkotaan di Surabaya didominasi oleh pemain yang berjenis kelamin laki-laki. Jenis game online yang paling diminati adalah Role Playing Games. Berdasarkan intensitas, remaja di perkotaan di Surabaya tergolong dalam kategori heavy user yang merupakan ciri addicted. Dan umumnya tergabung dalam virtual game community dengan kepentingan mencari teman, mendapatkan bantuan serta informasi tentang game dan mencari sparing partner. Aktivitas komunikasi yang dilakukan meliputi aktivitas bercanda, berkaitan dengan game, membangun pertemanan dan aktivitas komunikasi lain yang berhubungan dengan hobi, pelajaran dan lawan jenis. Tindak lanjut dalam dunia nyata yang dilakukan terkait dengan kepentingan bisnis, pertemanan maupun berkaitan dengan game.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 45/10 Set p
Uncontrolled Keywords: ONLINE DATABASE; COMPUTER GAME; SOCIAL BEHAVIOR
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Chandra Pratama Setiawan, 070610080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 Mar 2011 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 04:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17300
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item