“ INFORMATION LITERACY ” PUSTAKAWAN (Studi Deskriptif Tentang “ Information Literacy “ Pustakawan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya Menurut Model SCONUL The Seven Pillars of Information Literacy )

Sesiyo Rita Megasari, 070610217 (2010) “ INFORMATION LITERACY ” PUSTAKAWAN (Studi Deskriptif Tentang “ Information Literacy “ Pustakawan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya Menurut Model SCONUL The Seven Pillars of Information Literacy ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-megasarise-17491-fisiip-k.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-megasarise-14660-fisiip-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai information literacy pustakawan perguruan tinggi negeri di Surabaya. Information literacy dalam penelitian ini mengambil dari model SCONUL the seven pillars of information literacy. Dalam SCONUL membahas tujuh kemampuan yakni kemampuan dalam merekognisi kebutuhan informasi, kemampuan membedakan cara mengatasi kesenjangan, kemampuan membangun strategi untuk menentukan lokasi informasi, kemampuan menentukan lokasi dan akses informasi, kemampuan mengkombi nasikan dan mengevaluasi informasi dari berbagai sumber, kemampuan menampilkan dan mengkomunikasikan informasi, kemampuan menciptakan pengetahuan baru. Selain mengetahui kemampuan pustakawan, penelitian ini juga membahas faktor –faktor yang mempengaruhi information literacy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif. Pengambilan datanya menggunakan metode sensus. Pengambilan sampel sebanyak 61 pustakawan perpustakaan perguruan tinggi negeri meliputi Unair, ITS dan Unesa. Analisisnya menggunakan tabel frekuensi dengan menggunakan SPSS 16. Dan diperkuat dengan adanya probing dan teori yang mendukung. Hasil analisis menunjukan kemampuan pustakawan dalam hal merekognisi kebutuhan informasi cukup mampu khusunya dalam mengidentifik asi informasi dari berbagai sumber. Sedangkan kemampuan membedakan cara mengatasi kesenjangan yakni dengan menentukan sumber informasi yang relevan baik tercetak maupun elektonik. Sebagian besar pustakawan memilih sumber informasi elektronik seperti internet. Dalam hal menentukan lokasi dan akses informasi pustakawan kurang menguasainya seperti menggunakan teknik penelusuran boolean logic, serta menggunakan bookmark, untuk penggunaan email dan browsing ke internet pustakawan mampu, sedangkan untuk kemampuan menampilkan dan mengkomunikasikan informasi sebagaian ada yang mampu dan ada yang kurang mampu. Sedangkan kemampuan menciptakan pengetahuan baru rata -rata pustakawan kurang menguasainya. Di balik ketidak mampuan pustakawan ada beberapa factor yang mempengaruhinya antara lain kurang menguasai bahasa inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 53/10 Meg i
Uncontrolled Keywords: LITERACY; LIBRARIAN
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Sesiyo Rita Megasari, 070610217UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Gunarti, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 31 Mar 2011 12:00
Last Modified: 16 Sep 2016 02:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17306
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item