ANALISIS IMPLEMENTASI E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN ASSESSMENT MODEL (Studi Eksplanatif E-learning Jurusan Sistem Informasi (JSI) ITS Surabaya)

IKA KURNIA RETNO NINGRUM, 070610436 (2011) ANALISIS IMPLEMENTASI E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN ASSESSMENT MODEL (Studi Eksplanatif E-learning Jurusan Sistem Informasi (JSI) ITS Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ningrumika-17838-fisiip-k.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17331.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Assessment Model dengan menggunakan enam dimensi Hexagonal E-learning Assessment Model (HELAM) terhadap implementasi e-learning JSI ITS Surabaya. Tipe penelitian ini menggunakan pendekatan yang sifatnya eksplanatif yang pada dasarnya ingin menguraikan kebenaran dari suatu hipotesis. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Non probability Sampling dengan metode Purposive Sampling, yang mana peneliti telah menentukan responden yang sesuai dengan kriteria-kriteria. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket/kuesioner, wawancara, dan studi literature/pustaka. Analisa yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji normalitas, uji asumsi klasik, uji F dan uji T yaitu untuk mengetahui variabel secara simultan dan secara parsial dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Hexagonal E-learning Assessment Model (HELAM) merupakan model terbaru untuk mengevaluasi pengimplementasian e-learning. HELAM ini memiliki enam dimensi, diantaranya faktor pendukung, perspektif mahasiswa, sikap dosen, kualitas sistem, kualitas informasi (konten), dan kualitas layanan. Menggunakan teori model kesuksesan sistem informasi (IS Success) yang dikembangkan oleh DeLone & McLean (2003) dan e-learning evaluation. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dari keenam dimensi pada Hexagonal E-learning Assessment Model (HELAM) yang berpengaruh secara signifikan terhadap implementasi e-learning JSI yaitu perspektif mahasiswa, sikap dosen, kualitas sistem, kualitas informasi (konten), dan kualitas layanan. Sedangkan satu faktor yang tidak berpengaruh secara signifikan yaitu faktor pendukung e-learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 81/10 Nin a
Uncontrolled Keywords: ELECTRONIC EDUCATION; HIGHER EDUCATION
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
IKA KURNIA RETNO NINGRUM, 070610436UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImam Yuadi, , S.Sos, MMTUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 07 Apr 2011 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 16:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17331
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item