PERILAKU ADAPTASI SALES PROMOTION GIRL (SPG) DENGAN SISTEM KERJA FREELANCE PADA EVEN PAMERAN OTOMOTIF DI SURABAYA

Eny Cahyaningrum, 070016293 (2006) PERILAKU ADAPTASI SALES PROMOTION GIRL (SPG) DENGAN SISTEM KERJA FREELANCE PADA EVEN PAMERAN OTOMOTIF DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-cahyaningr-1548-fisant-t.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17358.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu dampak dari globalisasi ekonomi adalah berkembangnya sektor ekonomi dan bisnis, sehingga manusia yang ada didalamnya mau tidak mau dituntut untuk dapat berfikir kritis dan mampu menerapkan strategi untuk dapat menghadapi persaingan bisnis agar produk tersebut dapat tetap eksis dibidangnya. Pameran oleh sebagian perusahaan dipilih untuk dijadikan sebagai media promosi dan sekaligus mencari keuntungan dari produk yang terjual. Dimana dalam pameran tersebut perusahaan mempergunakan jasa seorang Sales Promotion Girl (SPG) freelance sebagai bentuk usaha dari sebuah perusahaan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan memberikan informasi mengenai suatu produk juga sekaligus sebagai ajang promosi penjualan kepada konsumen. Pentingnya peran SPG freelance dalam sebuah even pameran, sehingga perusahaan yang mempergunakan jasa SPG freelance ini sebelum merekrut SPG freelance akan melakukan proses seleksi dengan menunjuk sebuah agency yang khusus menyediakan SPG freelance, untuk melakukan proses seleksi. Untuk mengetahui bagaimana perilaku SPG dalam beradaptasi dengan peraturan kerja dalam sektor non formal (freelance), penulis melihat bagaimana pola rekruitmen yang dilakukan oleh perusahaan yang akan mempergunakan jasa SPG freelance), bagaimana peraturan dari perusahaan dan agency didalamnya, dan bagaimana perilaku SPG freelance, dalam menerapkan peraturan-peraturan tersebut dalam pekerjaanya. Untuk itu penulis mencari informasi yang terkait dengan topik penelitian mulai dari perusahaan dan peraturannya khususnya dalam merekrut SPG freelance, untuk pameran produknya, agency sebagai penghubung antara SPG freelance, dengan perusahaan, mencari informasi dari para subjek penelitian sebagai pelengkap data, selain itu penulis juga melakukan pengamatan langsung ke lokasi-lokasi penelitian, diantaranya; Plasa Tunjungan sebagai lokasi diselenggarakan pameran sehingga peneliti dapat mengamati secara langsung perilaku kerja dari para SPG freelance, dan mencari data pelengkap melalui literatur-literatur, buku dan internet yang terkait dengan masalah dalam penelitian ini. Dari temuan data dan analisis diatas, didapat kesimpulan bahwa perilaku SPG freelance, dalam menerapkan budaya perusahaan yang ada dalam lingkungan kerjanya baik budaya perusahaan dari agency dan juga budaya perusahaan yang ada pada perusahaan yang menggunakan jasanya, maka SPG freelance, akan senantiasa menyesuaikan diri dengan mempelajari kondisi dalam lingkungan sosialnya dimana dalam proses tersebut seorang SPG freelance, akan dihadapkan pada pilihan berperilaku, dan sebagai hasil dari proses mempelajari tersebut seorang SPG freelance, akan mampu memandang secara selektif aspek yang ada dilingkungannya tersebut dan secara rasional mereka akan mempertimbangkan setiap perilaku apa yang akan dipilihnya yang menurutnya dapat memberikan hasil positif yang paling maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.Ant.15/06 Cah p
Uncontrolled Keywords: SALES PROMOTION; LABOR TIME
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Eny Cahyaningrum, 070016293UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Adip, Drs. H., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 01 Aug 2006 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 17:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17358
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item