YULI RACHMAWATI, 070317139 (2008) AKUNTABILITAS PUBLIK E-PROCUREMENT: Studi Deskriptif Tentang Akuntabilitas Proses Lelang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Melalui Electronic Procurement Pemerintah Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-rachmawati-9059-abstract-8.pdf Download (387kB) |
||
|
Text (FULLTEXT)
17503.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
E procurement yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Kota Surabaya merupakan sebuah lompatan baru dalam penerapan teknologi informasi dalam penyelenggaran pemerintah dalam hal pelayanan terhadap publik. Sebagai salah satu bagian dari bentuk e-government, e -procurement dituntut untuk selaku dapat memberikan sebuah pelayanan yang harus lebih dibandingkan pelayanan sebelumnya yang diselenggarakan dengan proses manual dalam proses lelang pengadaan barang/jasa pemerintahan dilingkungan pemerintah Kota Surabaya. Selain dapat memberikan sebuah layanan yang lebih baik e -procurement juga diharapkan menjadi sebuah media yang dapat menciptakan iklim dan budaya bersih, transparan, dan akuntabel sebagai upaya menciptakan good governance, Permasalahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah bagaimana akuntabilitas public terutama akuntabilitas proses eprocurement sebagai salah satu bentuk e-government yang telah berbasis teknologi informasi dapat mempertanggungjwabkan segala proses mulai dari pemasukan penawaran hingga pengumuman pemenang kepada penyedia barang/jasa selaku rekanan Pemerintah Kota Surabaya sehingga pelayanan yang ideal dan sebagai upaya mencitakan terbentuknya good governance dalam penyelenggaraan lelang pengadaan barang/jasa pemerintahan dapat terwujud. Penelitian ini guna menjawab permasalahan di atas menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dengan pengambilan data dari wawancara yang mendalam, dokumentasi dan observasi. Sedangkan untuk pergambilan informan dilakukan dengan cara purposive dan menggunakan tehnik snowball yang meliputi informan yang berada di instansi terkait ataupun informan yang berasal dari rekanan yang turut aktif dalam proses lelang pengadaan barang/jasa pemerintahan di Kota Surabaya. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah eprocurement dalam penerapannya memang telah menjadikan pelayanan dan informasi tentang lelang pengadaan barang/jasa terasa lebih mudah dan lebih cepat, namun eprocurement belum belum bisa membentuk sebuah hubungan interaksi yang baik antara pemerintah, swasta, dan masyarakat. Hubungan interaksi yang terjadi hanya sampai pada hubungan interaksi antara pemerintah dengan swasta. E--procurement juga belum bisa dianggap akuntabel, hal tersebut terjadi kerena masih terjadinya kecenderungan penyelewengan dan kecurangan dalam proses lelang pengadaan barang/jasa pemerintahan di Kota Surabaya. penyelewengan ini sebenarnya dapat berkurang apabila antara penyedia dan penyelenggara e -procurement memiliki konsistensi yang tinggi dalam upaya mewujudkan good governance
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis AN.21/08 Rac a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | ACCOUNTABILITY; EQUIPMENT AND SUPPLIES | ||||||
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE210-228.3 Construction details.Including foundations, maintenance, equipment | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dewi Rekno Ulansari | ||||||
Date Deposited: | 09 Feb 2009 12:00 | ||||||
Last Modified: | 02 Jul 2017 23:37 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17503 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |