PERAN DIASPORA TAMIL DALAM KONFLIK SRI LANKA TAHUN 2002-2010

Fatrakhul Yusa, 070912067 (2014) PERAN DIASPORA TAMIL DALAM KONFLIK SRI LANKA TAHUN 2002-2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
Binder1yusafatrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diaspora Tamil selalu diidentikkan sebagai alat kampanye militer LTTE yang merupakan organisasi pemberontak Sri Lanka. Afiliasi keduanya, selain berasal dari etnis yang sama adalah kontribusi mereka dalam Perang Sipil Sri Lanka yang telah dimulai sejak 1983. Diaspora Tamil selalu lekat dengan label buruk karena pendanaanya dalam aktivitas militer LTTE. Kendati demikian, tidak sedikit penstudi konflik yang melihat potensi diaspora Tamil dalam transformasi konflik Sri Lanka. Pertanyaan yang layak diajukan kemudian adalah “apa peran diaspora Tamil dalam transformasi politik Sri Lanka? Faktor apa membentuk aktivitas tersebut?”. Dengan menggunakan pendekatan eskalasi dan deeskalasi Kriesberg & Thorson, serta aktor rasional (cost & benefit) didapat kesimpulan sementara bahwa diaspora Tamil berperan meningkatkan sekaligus menurunkan intensitas konflik. Proses yang tidak linear ini dapat terjadi karena diaspora sebagai aktor rasional melihat perdamaian sebagai satu kondisi yang diikuti pencapaian negara Tamil Eelam yang independen. Dengan pertimbangan itulah kemudian diaspora dapat berperan positif dan negatif. Mereka tidak melihat cara, proses sebagai hal yang substansial, asalkan goal mereka tercapai. Aktivitas diaspora Tamil sendiri dapat dijelaskan dalam empat faktor. Faktor internal berkaitan dengan motivasi dan jati diri, faktor teknologi yang menyediakan akses komunikasi, berbagi informasi & propaganda, faktor host-country yang menfasilitasi mobilitas politik diaspora, dan faktor LTTE untuk menjelaskan bagaimana dominasi ideologi dan eksistensinya dalam aktivitas diaspora Tamil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI 57/14 Yus p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL CONFLICT; CONFLICT OF INTERESTS
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ6385-6405 The armed conflict. War and order
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Fatrakhul Yusa, 070912067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBaiq L. S. W. Wardhani, Dra., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 24 Dec 2014 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 01:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17537
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item