Manifestasi Pendidikan Kritis Di Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah: Studi Deskriptif Pendidikan Hadap Masalah Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah Di Surabaya

Nora T. Ayudha (2015) Manifestasi Pendidikan Kritis Di Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah: Studi Deskriptif Pendidikan Hadap Masalah Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah Di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (140kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB II LANDASAN HUKUM PENDIDIKAN NASIONAL)
5. BAB II LANDASAN HUKUM PENDIDIKAN NASIONAL ....pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III KRITIK PENDIDIKAN FORMAL DARI...)
6. BAB III KRITIK PENDIDIKAN FORMAL DARI JUDUL .....pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV TAWARAN QARYAH YHAYYIBAH)
7. BAB IV TAWARAN QARYAH THAYYIBAH.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V MANIFESTASI PENDIDIKAN ...)
8. BAB V MANIFESTASI PENDIDIKAN HADAP-MASALAH.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
9. VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (255kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem pendidikan nasional menjadi acuan dan standar bagi seluruh lembaga pendidikan. Namun dalam perkembangannya, sekolah alternatif Qaryah Thayyibah menjadi lembaga pendidikan yang menolak dan mencoba menggunakan sistem pendidikan yang bertolak belakang dengan yang sudah mapan dan menjadi arus utama. Studi ini dilakukan untuk mengetahui argumen sekolah alternatif Qaryah Thayyibah menolak menggunakan pendidikan yang telah mapan dan menjadi arus utama serta manifestasi pendidikan kritis sebagai rujukannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah dengan teknik purposive, dan jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh informan Penelitian ini menggunakan teori pendidikan hadap-masalah sebagai pisau analisa untuk menjelaskan permasalahan penelitian. berdasar pemikiran sekolah Qaryah Thayyibah, pendidikan yang selama ini dijalankan nyatanya melanggengkan sistem penindasan, dengan guru sebagai pihak yang mendominasi terhadap muridnya. Dalam modependidikan ini, ijazah dijadikan legitimasi hasil belajar dengan anggapan sebagai tafsiran kemampuan seseorang. Maka bertolak dari fakta tersebut, Qaryah Thayyibah menggunakan pendekatan berbeda dalam aktivitas pembelajarannya. Murid mempunyai otoritas penuh dalam menciptakan sistem pendidikan dan guru sebatas pendamping adalah prinsip dari pembelajaran ini. selain itu, karya menjadi alternatif tolak ukur yang lebih adil dalam menilai sebuah kemampuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S. 20/15 Ayu m
Uncontrolled Keywords: Education system
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Nora T. AyudhaNIM070710284
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTuti BudirahayuNIDN0012056804
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 11 Mar 2015 12:00
Last Modified: 14 Feb 2020 03:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17619
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item