BANTUAN MENGIKAT JEPANG DALAM PROYEK PEMBANGUNAN JAKARTA MASS RAPID TRANSPORTATION (MRT) TAHAP I (FATMAWATI - DUKUH ATAS)

Muhammad Aiza Akbar, 070216708 (2007) BANTUAN MENGIKAT JEPANG DALAM PROYEK PEMBANGUNAN JAKARTA MASS RAPID TRANSPORTATION (MRT) TAHAP I (FATMAWATI - DUKUH ATAS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
23.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-akbarmuham-5550-fishi3-b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang bantuan luar negeri Jepang dalam proyek pembangunan Mass Rapid Transportation (MRT) yang bersifat mengikat (tied loan), adapun tujuannya adalah untuk mengetahui faktor pendorong serta alasan Pemerintah Jepang sehingga mengkategorikan bantuan tersebut dalam kelompok bantuan mengikat. Level analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pada tingkat negara-bangsa, unit analisis yang diamati adalah kebijakan pemerintah Jepang dalam menetapkan pola bantuan mengikat (tied loan) dalam pelaksanaan proyek pembangunan MRT tersebut, sedangkan unit eksplanasinya adalah sebab-sebab pemerintah Jepang tetap pada pendiriannya dengan menetapkan bahwa jenis bantuan pinjaman modal untuk proyek MRT tersebut berbentuk bantuan mengikat mengikat. Teori dan konsep yang dipergunakan adalah; teori bantuan luar negeri, konsep transfer teknologi, konsep kepentingan nasional dan teori ketergantungan untuk menyususn hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu Pemerintah Jepang tetap pada pendiriannya untuk menjadikan pinjaman modal yang diberikan pada Pemerintah Indonesia untuk pembangunan mass rapid transportation (MRT) di Jakarta sebagai bantuan yang bersifat mengikat (tied loan), karena Pemerintah Jepang mempunyai kepentingan, yakni mengupayakan terwujudnya kepentingan korporasi-korporasi Jepang guna memperoleh keuntungan maksimal dalam proyek MRT tersebut. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini terbukti bahwasanya dalam pemberian bantuan berupa pinjaman modal dengan pola pinjaman mengikat (tied loan) yang diberikan kepada Pemerintah Indonesia dalam proyek pembangunan mass rapid transportation (MRT) di Jakarta, Jepang mempunyai kepentingan, yakni mengupayakan terwujudnya kepentingan korporasi-korporasi Jepang guna memperoleh keuntungan maksimal dalam proyek MRT tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI 38/07 Akb b
Uncontrolled Keywords: CONTRACTS; CLAUSES � TRANSPORTATION
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Aiza Akbar, 070216708UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAjar Triharso, Drs., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 03 Dec 2007 12:00
Last Modified: 07 Aug 2017 21:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17801
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item