PERBANDINGAN PENGARUH FAKTOR IDIOSINKRETIK FIDEL CASTRO-HUGO CHAVEZ TERHADAP POLITIK LUARNEGERI KUBAVENEZUELA (1998-2006)

Swastomo Gono Anggoro, 07041725 5 (2011) PERBANDINGAN PENGARUH FAKTOR IDIOSINKRETIK FIDEL CASTRO-HUGO CHAVEZ TERHADAP POLITIK LUARNEGERI KUBAVENEZUELA (1998-2006). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-anggoroswa-22660-abstrak-p.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-anggoroswa-19595-hi62-11-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Perbandingan Pengaruh Faktor Idiosinkretik Fidel Castro – Hugo Chavez terhadap Politik Luar Negeri Kuba – Venezuela (1998-2006) Ideologi dan politik Presiden Hugo Chavez yang berlawanan dengan Amerika memperlihatkan antagonisme di antara kedua negara Venezuela berusaha menentang AS yang mendominasi perpolitikan di Amerika Latin. Hugo Chavez menentang reformasi neo liberal yang didukung AS melalui Washington Consensusdan aktivitas imperialisme AS di Amerika Latin Hugo Chavez berusaha mentranformasi Venezuela kedalam arah sosialisme baru yaitu sosialisme demokrat. Revolusi Bolivarian yang digagas Hugo Chavez menjadi dasar politik luar negeri Venezuela yang anti AS. Venezuela sedang berusaha meniru arah politik Kuba namun dengan gaya yang lain. Venezuela dan Kuba yang sama-sama anti AS menemukan pola hubungan yang erat terutama pada masa Hugo Chavez. Aliansi antara Hugo Chavez dan Fidel Castro memberikan jalan bagi terwujudnya persekutuan anti AS di Amerika Latin. Pola hubungan yang terjadi di antara kedua negara dapat dijadikan model perbandingan politik terutama dalam membahas sikap anti AS. Dalam menganalisa politik luar negeri Kuba dan Venezuela, penggunaan analisa idiosinkretik dan teori images. Ideosinkretisme menciptakan suatu kepemimpinan kharismatik yang ditandai dengan kualitas mistik yang memperoleh dukungan emosional dari rakyat secara luas, dan seringkali tumbuh dengan rasa hormat yang mendalam dari rakyat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK-2 KKB Fis HI 62/ 11 Ang p
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Swastomo Gono Anggoro, 07041725 5UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. I. Basis Susilo, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 15 Mar 2012 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 17:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17827
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item