PERSAINGAN SENI VISUAL JALANAN (Studi Deskriptif Persaingan Antar Seniman Visual Jalanan Pada Ruang Publik di kota Surabaya)

APRIYAN RINO PRASETYO, 070914061 (2013) PERSAINGAN SENI VISUAL JALANAN (Studi Deskriptif Persaingan Antar Seniman Visual Jalanan Pada Ruang Publik di kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-prasetyoap-31323-6.-abstr-k.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul Persaingan Seni Visual Jalanan Dalam Ruang Publik Kota Surabaya bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk persaingan yang muncul dalam lingkungan pergaulan seniman komunitas visual jalanan ketika karya-karya yang mereka buat akhirnya harus timpa menimpa. Peneliti menganggap penelitian ini penting karena seni visual jalanan yang selama ini banyak terdapat di tembok-tembok kota ternyata memiliki realitas lain menarik untuk diungkap. Penelitian ini dilakukan di Surabaya menggunakan dengan metode kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif, dengan menggunakan wawancara mendalam. Penelitian menggunakan informasi yang disampaikan lima orang seniman visual jalanan sebagai Subyek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori interaksionisme simbolik dari Herbert Blumer dan Stratifikasi Konflik Randall Collins untuk menganalisis hasil temuan data. Hasil penelitian menunjukan, perilaku seniman dalam memperebutkan lokasi untuk berkarya memunculkan persaingan dalam bentuk timpa menimpa gambar, namun tidak menutup kemungkinan adanya bentuk bentuk lain seperti intimidasi. Beberapa seniman mengatakan timpa menimpa gambar adalah hal yang wajar terjadi, sementara yang lain beranggapan menimpa gambar merupakan media pemicu permusuhan diantara seniman visual jalanan. Perbedaan ini disebabkan beragamnya karakteristik masyarakat perkotaan, sehingga perbedaan persepsi tentang konsep seni visual jalanan dan timpa menimpa gambar menjadi pemicu persaingan yang terjadi diantara sesama seniman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. S. 46 / 13 Pra p
Uncontrolled Keywords: COMPETITION ARTIST
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
APRIYAN RINO PRASETYO, 070914061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. Sudarso, MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 18 Oct 2013 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 18:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17845
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item