Perilaku Konsumtif Dalam Penggunaan Telepon Seluler Di Kalangan Remaja

BIMA PRAKASA N, 070216751 (2008) Perilaku Konsumtif Dalam Penggunaan Telepon Seluler Di Kalangan Remaja. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ASBTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-bimaprakas-9554-fiss12-k.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-bimaprakas-9517-fiss12-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan telepon seluler menjadi tren yang kini telah merambah sekolah dan kampus. Perkembangan teknologi telepon seluler yang sedemikian pesat dengan berbagai fitur baru yang ditawarkan memunculkan perilaku konsumtif di kalangan remaja dalam penggunaan telepon seluler. Kehadiran telepon seluler dalam kehidupan remaja dengan berbagai inovasi memunculkan konsekuensi –konsekuensi diantaranya pergeseran perilaku dan pola konsumsi pergeseran tersebut dipengaruhi oleh keberadaan teknologi itu sendiri dan interaksi sosial remaja dengan lingkungan akrabnya. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah bentuk-bentuk penggunaan telepon seluler di kalangan remaja, bagaimana tingkat konsumsi dalam penggunaan telepon seluler di kalangan remaja, dan faktor-faktor apa yang melandasi terjadinya pergeseran dan perilaku konsumtif dalam penggunaan telepon seluler. Kerangka teori yang digunakan sebagai pisau analisis adalah teori – teori mengenai modernitas dan perubahan sosial dari Thorstein Veblen, dan juga teori budaya remaja oleh James Coleman. Lokasi yang dipilih adalah dua sekolah menengah dan dua perguruan tinggi yang ada di Kota Surabaya.Remaja di kedua sekolah menengah dan kedua perguruan tinggi tersebut cukup ekspresif dalam penggunaan telepon seluler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling, dan besaran sampel ditentukan sebesar 100 responden Teknik analisa data dengan menggunakan metode tabulasi silang yang digunakan untuk mengungkapkan hubungan yang terjadi antar variabel. Pengolahan data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan yakni: tahap editing, tahap pemberian identitas atau koding, scoring, dan tahap tabulating. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara terstruktur menggunakan kuesioner sebagai instnunen. Dalam penelitian ini bentuk-bentuk penggunaan yang terungkap adalah terjadi pergeseran orientasi pemilihan telepon seluler,lebih kepada fitur dan model, remaja kerap menyalahgunakan telepon seluler tmtuk menyontek dan menyimpan gambar porno melalui telepon seluler. Muncul perilaku konsumtif dalam penggunaan telepon seluler di kalangan remaja terutama pada hasrat untuk selalu membeli telepon seluler tercanggih dan penggunaan pulsa. Faktor-faktor yang cenderung mempengaruhi pergeseran bentuk penggunaan dan perilaku konsumtif adalah persepsi terhadap teknologi dan budaya hura-hura dari remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis S 12./08 Bim p
Uncontrolled Keywords: ADOLESCENT PSYCHOLOGY; CONSUMER BEHAVIOR; TELECOMMUNICATION
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
BIMA PRAKASA N, 070216751UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarso, Drs., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 May 2009 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 17:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18042
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item