MOTIF MEMBACA MAJALAH BERBAHASA JAWA : Studi deskriptif mengenai motif pembaca pelanggan majalah Panjebar Semangat di Surabaya

RAHANI ITSIA KURNIANINGRUM, 070216722 (2007) MOTIF MEMBACA MAJALAH BERBAHASA JAWA : Studi deskriptif mengenai motif pembaca pelanggan majalah Panjebar Semangat di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-kurnianing-4571-fisk11-k.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-kurnianing-4571-fisk11-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Banyaknya pilihan jenis bacaan, baik berupa majalah, tabloid, maupun surat kabar dan berkurangnya penggunaan bahasa Jawa, menyebabkan menyempitnya pasar majalah berbahasa Jawa. Namun, di tengah persaingan dengan penerbitan lain terutama majalah berbahasa Indonesia, majalah Panjebar Semangat yang menggunakan bahasa Jawa, mampu bertahan hingga usia 74 tahun. Hal ini tentu tidak terlepas dari kesetiaan pelanggannya. Mengapa para pelanggan tersebut tetap setia membaca majalah Panjebar Semangat.pasti dilandasi oleh motif–motif tertentu yang timbul karena ada kebutuhan mereka yang terpenuhi. Karena meneliti motif inilah, teori yang digunakan adalah uses and Gratifications. Sementara orientasi motif yang diacu berasal dari Blumler yaitu orientasi motif kognitif, diversi dan identitas personal. Wilayah yang dipilih adalah Surabaya dengan populasi seluruh pelanggan majalah Panjebar Semangat edisi Juni 2006. Sampel 75 orang diambil menggunakan rumus Yamane dengan presisi 10% dan selang kepercayaan 90%. Pendekatan penelitian yang dipilih adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data survei menggunakan kuesioner. Teknik analisis datanya dengan SPSS dan hasilnya ditampilkan melalui tabel frekuensi dan tabel tabulasi silang. Dari data yang diperoleh, baik dari tabel frekuensi dan tabel tabulasi silang, motif dominan yang mendasari pembaca pelanggan majalah Panjebar Semangat adalah motif diversi. Jadi dalam membaca majalah Panjebar Semangat, rata-rata responden didasari oleh motif untuk mendapatkan hiburan, menghilangkan kebosanan dan melepaskan diri dari tekanan rutinitas sehari-hari. Karena itu, saran yang bisa diberikan adalah, sebaiknya majalah Panjebar Semangat menitikberatkan pada liputan-liputan yang bersifat informatif dan menghibur daripada artikel yang mementingkan aktualitas atau artikel dibuat bersifat liputan investigasi yang mengungkap suatu peristiwa lebih dalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 11/07 Kur m
Uncontrolled Keywords: READING; PERIODICALS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RAHANI ITSIA KURNIANINGRUM, 070216722UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorS. S. Andarini, Drs., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 08 May 2007 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 22:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18100
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item