NELAYAN KUPANG : Studi Etnografi Mengenai Perilaku Ekonomi Nelayan Kupang dalam Usaha Meningkatkan Pendapatan Keluarga

Bambang Sugianto, 070016353 (2008) NELAYAN KUPANG : Studi Etnografi Mengenai Perilaku Ekonomi Nelayan Kupang dalam Usaha Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-sugiantoba-9169-fisant-k.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-sugiantoba-9011-fisant-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehidupan nelayan selalu bergantung pada keadaan dan kondisi alam atau laut, tapi untuk nelayan kupang ada perbedaannya karena mereka adalah nelayan pesisir dan bukan nelayan laut lepas serta mereka mencari kupang dan bukan ikan. Nelayan kupang tidak mengenal musim paceklik yang umumnya dialami nelayan ikan. Kenyataan-kenyataan itulah yang menjadi alasan peneliti untuk mengetahui kehidupan masyarakat nelayan kupang dan strategi serta perilaku yang dilakukan oleh nelayan-nelayan, hal ini adalah nelayan kupang Balang Dowo, Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo dalam usaha meningkatkan pendapatan keluarga. Penelitian ini dilakukan dengan cara etnografi pada masyarakat nelayan kupang Desa Balang Dowo, untuk itu peneliti menggunakan dua sudut pandang yaitu secara etik dan etnik. Konsekuensi dari studi itu berhubungan dengan pada pendekatan dan proses perencarian data. Peneliti mengumpulkan data-data melalui pengamatan berbagai aktivitas dan kehidupan nelayan kupang Desa Dowo dan melakukan deept interview, serta mengumpulkan berbagai dokumen yang dapat menyertakan kehidupan para nelayan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku yang dilakukan oleh nelayan kupang dalam usaha meningkatkan pendapatan keluarga adalah (1) kupang dijual mentah, (2) kupang dijual diolah. Keputusan untuk melakukan perilaku didasarkan pada keberhasilan nelayan kupang dalam mendapatkan bahan pendapatan, karena hasil dari olahan berupa air dan kulit laku untuk dijual. Sedangkan mereka yang tidak mengolah sendiri hasilnya, berhenti sebagai nelayan kupang dan bekerja di sektor lain. Strategi perilaku tersebut membawa dampak pada perubahan tatanan kehidupan di Balang Dowo yaitu pada pola kerja, aktivitas nelayan dan peningkatan ekonomi nelayan. Secara keseluruhan nelayan status ekonomi berdampaknya juga pada kehidupan sosial nelayan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 18/08 Sug n
Uncontrolled Keywords: RURAL DEVELOPMENT; FISHERS
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT401-485 Rural groups. Rural sociology
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH401-691 Angling
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Bambang Sugianto, 070016353UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Adi Prasetyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 09 Feb 2009 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 18:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18140
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item