EVALUASI DAMPAK INVESTASI PENYERTAAN MODAL TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (studi kasus : strategi penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Lamongan pada Wisata Bahari Lamongan (WBL)

SITI LATIVATUL ZULFA, 070417284 (2009) EVALUASI DAMPAK INVESTASI PENYERTAAN MODAL TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (studi kasus : strategi penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Lamongan pada Wisata Bahari Lamongan (WBL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-zulfasitil-10297-abstrak-0.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-zulfasitil-9949-fisan3-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu konsekuensi yang harus dihadapi Pemerintah Daerah di Era Otonomi adalah menuntut Pemerintah Daerah untuk mampu melakukan alokasi pengeluaran APBD yang efisien dan efektif, menggerakkan perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja baru dan akhirnya memperbaiki pendapatan masyarakatnya. Salah satu kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah terkait dengan kondisi tersebut adalah kebijakan penyertaan modal. Kebijakan penyertaan modal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 1 Tahun 2008 Tentang Investasi Pemerintah. Pemerintah Daerah dapat melakukan investasi melalui penyertaan modal pada dunia usaha dengan tujuan memperoleh keuntungan untuk meningkatkan PAD yang akan digunakan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat. Kabupaten Lamongan sebagai salah satu Kabupaten yang cukup responsif terhadap kebijakan investasi telah menerapkan kebijakan investasi penyertaan modal daerah dalam pembangunan Wisata Bahari Lamongan melalui pola kerjasama BOT (Build, Operation and Transfer)sebagai salah satu pendukung PAD. Kebijakan penyertaan modal dalam pembangunan kawasan Wisata Bahari Lamongan telah berjalan secara efektif dalam meraih target-target ekonomi Kabupaten Lamongan. Penerimaan Asli daerah meningkat rata-rata 13% pertahun (kurun waktu tiga tahun). Kebijakan ini mampu memberikan multiplier effek yang menyebar bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lamongan. Dampak ekonomi yang secara makro tampak pada meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat dan PDRB perkapita masyarakat khususnya dalam periode tiga tahun terakhir (2005-2007). Perkembangan perekonomian berdampak bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB-2 Fis AN 37 /10 Zul e
Uncontrolled Keywords: Evaluasi dampak, penyertaan modal, Pendapatan Asli Daerah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB522-715 Income. Factor shares
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4701-4751 Government securities. Industrial securities. Venture capital
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
SITI LATIVATUL ZULFA, 070417284UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGatot Pramuka, Drs., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 15 Jul 2009 12:00
Last Modified: 20 Oct 2016 17:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18154
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item