PENERIMAAN AUDlENS TERHADAP ACARA TELE VISI WARUNG VOA-JTV (Reception Analysis WargaJawaTimurYangPernahBersekolah OiAmerika Serikat terhadap Acara Warung VOA-JTVedisi 2 November 2008 Mengenai / Pemilu Presiden Amerika Serikat)

Rizka Azizah, 070316918 (2008) PENERIMAAN AUDlENS TERHADAP ACARA TELE VISI WARUNG VOA-JTV (Reception Analysis WargaJawaTimurYangPernahBersekolah OiAmerika Serikat terhadap Acara Warung VOA-JTVedisi 2 November 2008 Mengenai / Pemilu Presiden Amerika Serikat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-azizahrizk-12065-fisk23-t.pdf

Download (752kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-azizahrizk-11394-fisk23-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Acara televisi Warung VOA merupakan acara yang unik. Informasi tentang kebudayaan Amerika Serikat disajikan dengan menggunakan bahasa Jawa Timur-an. Acara tersebut merupakan medium yang menjembatani dua kebudayaan berbeda, yaitu budaya Amerika Serikat dan Budaya Indonesia yang diwakili oleh kebudayaan Jawa Timur. Melalui acara ini, masyarakat Jawa Timur sebagai audiens utama JTV mendapatkan informasi tentang Amerika Serikat dengan sangat mudah, karena penyampaian isi pesan dalam Warung VOA juga dilakukan dengan cara yang mudah. Acara Warung VOA juga menciptakan rasa kedekatan khusus dengan audiensnya, meskipun siarannya dilakukan secara langsung dari Washington DC, Amerika Serikat. Sebagai salah satu media massa, media televisi merupakan media yang berteknologi tinggi, tidak mengenal batas ruang, jarak dan waktu. Sehingga, meskipun disiarkan dari negara yang berbeda, audiens warga Jawa Timur tetap merasa dekat dengan pesan yang disampaikan oleh WarungVOA,terutama bagi warga Jawa Timur yang pemah tinggal di Amerika Serikat, khususnya bagi mereka yang pernah bersekolah di Amerika Serikat. Peneliti kemudian mengajukan rumusan masalah yakni bagaimanakah penerimaan audiens terhadap acara televise Warung VOA-JTV? Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui penerimaan audiens terhadap acara televisi Warung VOA. Secara khusus, peneliti ini bertujuan mengetahui bagaimana penerimaan warga Jawa Timur yang pernah bersekolah di Amerika Serikat terhadap acara Warung VOA edisi 2 November 2008. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisisnya menggunakan reception analysis. Bertipe eksploratif, kajian teori dalam penelitian ini menggunakan komunikasi massa studi media televisi. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah variasi pengklasifIkasian informan yang terlibat dalam proses penelitian ini. Informan yang terlibat dalam proses penelitian ini dapat diklasifikasikan dalam 3 kategori, yaitu sebagai pusat informasi mengenai Amerika Serikat, sebagai acara yang menghibur dan sebagai medium untuk bertukar budaya antara dua negara, yaitu Amerika Serikat dan Indonesia yang direpresentasikan melalui budaya Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K. 23/09 Azi p
Uncontrolled Keywords: Penerimaan,Audiens,Jawa Timur,Amerika Serikat,Warung VOA,JTV, 2 November2008, Pemilu Amerika Serikat, Reception Analysis
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4775-4784 Technique. Practical journalism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Rizka Azizah, 070316918UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuko Widodo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 31 Aug 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 05:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18225
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item