Opini mahasiswa Surabaya terhadap promosi Media Luar Ruang Calon Gubernur Jawa Timur

Arfa Darojati, 070517560 (2008) Opini mahasiswa Surabaya terhadap promosi Media Luar Ruang Calon Gubernur Jawa Timur. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-darojatiar-12239-fisk25-t.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-darojatiar-11396-fisk25-o.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui opini mahasiswa Surabaya terhadap promosi media luar ruang calon Gubernur (cagub) Jawa Timur periode 2008-2013. Opini yang diteliti meliputi opini mahasiswa terhadap 1. ) Isi pesan; Bagaimanakah opini mahasiswa terhadap isi pesan dalam media promosi luar ruang para cagub? 2.) Penempatan; Bagaimanakah opini mahasiswa terhadap penempatan media promosi luar ruang? 3.) Tampilan; Bagaimanakah opini mahasiswa terhadap tampilan visual media luar ruang tersebut? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baik laki-laki maupun perempuan dari semua angkatan yang terdaftar sebagai mahasiswa perguruan tinggi di Surabaya yang pernah melihat media promosi luar ruang milik cagub. Usia mahasiswa yang menjadi responden tidak dibatasi. Yang terpenting adalah responden masih berstatus sebagai mahasiswa. Adapun untuk mengetahui sampel penelitian, peneliti menggunakan metode multi stage random sampling. Berdasarkan survey yang dilakukan peneliti terhadap 400 mahasiswa Surabaya, diketahui bahwa perang promosi melalui media luar ruang yang dilakukan para cagub belum maksimal. Hal tersebut terlihat dari opini mahasiswa yang cenderung negatif. Dari isi pesan, responden berpendapat bahwa isi pesan dalam media promosi luar ruang para cagub mudah diingat dan dipahami (61 persen). Namun, kurang “berbau” Jawa Timur (60,25 persen), tidak menyajikan pesan yang cerdas dan kreatif (73 persen), dan tidak menampilkan solusi atas permasalahan yang dihadapi Jawa Timur (94 persen). Dari dimensi penempatan, mayoritas responden (69,25 persen) mengatakan media promosi luar ruang para cagub telah ditempatkan di lokasi yang strategis. Sayang, mengganggu tata kota (77,25 persen), mengganggu pengguna jalan raya (56,75 persen) dan merusak keberadaan jalur hijau (70,25 persen). Terkait soal tampilan visual, responden mengatakan media promosi luar ruang cagub tidak variatif (70,75 persen), tidak memiliki ilustrasi visual yang menarik (76,5 persen), terlalu formal (55 persen), tidak tersegmentasi (68 persen), namun, cukup memiliki ciri khas yang mudah diingat (52,75). Selain itu, media promosi luar ruang lebih meyakinkan jika memuat endorser (54 persen).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 25/09 Dar o
Uncontrolled Keywords: Opini, Mahasiswa, Media Luar Ruang, Promosi, Cagub Jatim 2008-2013
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Arfa Darojati, 070517560UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra., M. Comm., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 31 Aug 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 05:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18227
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item