PERAN WANITA KARIER DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU GEMAR MEMBACA SEJAK DINI PADA ANAK (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERAN WANITA KARIER SEBAGAI IBU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU GEMAR MEMBACA SEJAK DINI PADA ANAK DI KOTA SURABAYA

Isna Fistiyanti, 070730613 (2009) PERAN WANITA KARIER DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU GEMAR MEMBACA SEJAK DINI PADA ANAK (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERAN WANITA KARIER SEBAGAI IBU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU GEMAR MEMBACA SEJAK DINI PADA ANAK DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-fistiyanti-13423-fisiip-k.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-fistiyanti-11592-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan minat baca bangsa ini adalah masalah bersama. Karena kondisi minat baca di Indonesia sangat memprihatinkan bila dibandingkan negara-negara lain. Untuk menumbuhkan minat baca dalam waktu singkat sangatlah sulit, maka konsentrasi upaya menumbuhkan minat baca tertuju pada anak di usia dini. Menumbuhkan kesadaran minat baca anak diperlukan upaya dan kerja keras, terutama dari keluarga sebagai agen sosialisai primer. Ibu sebagai figur terdekat anak, sangat berpotensi besar dalam upaya tersebut. Namun semakin banyaknya kenyataan ibu yang terjun di dunia kerja, terutama di daerah perkotaan seperti Kota Surabaya, mengakibatkan hak anak akan pendidikan dari ibunya semakin berkurang. Penelitian ini mengungkap bagaimana upaya dan cara-cara yang dilakukan wanita karier dalam menumbuhkan perilaku gemar membaca sejak dini pada anak-anak mereka, bagaimana gambaran pemanfaatan waktu para wanita karier sebagai seorang ibu untuk menumbuhkan perilaku gemar membaca sejak dini pada anak, dan bagaimana mekanisme yang dilakukan para wanita karier sebagai seorang ibu dalam menumbuhkan perilaku gemar membaca sejak dini pada anak. Dalam penelitian ini diungkap bahwa para wanita karier yang juga berperan sebagai ibu, meskipun terhambat oleh terbatasnya waktu dan kesibukan, ternyata sebagian besar dari mereka masih bisa menerapkan kegiatan dalam upaya menumbuhkan perilaku gemar membaca anak mereka. Namun dalam memberikan fasilitas-fasilitas yang bersifat strategis, misalnya tentang anggaran dana dan pengadaan perpustakaan keluarga masih belum dilaksanakan oleh semua responden. Dalam melaksanakan upaya tersebut, ternyata sebagian besar mereka menyiasati di antara waktu-waktu kesibukannya. Mereka juga sadar bahwa pola pengasuhan yang membuat anak nyaman, lebih tepat diterapkan dalam menumbuhkan perilaku gemar membaca pada anak mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 08/10 Fis p
Uncontrolled Keywords: minat baca anak, wanita karier, wanita bekerja, usia dini
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1101-1139 Child study
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Isna Fistiyanti, 070730613UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 27 Sep 2010 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 04:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18237
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item