MEDIA RELATIONS HUMAS PEMPROV JATIM UNTUK MEMBANGUN CITRA GUBENUR BARU

Rizky Arisanty, 070517734 (2009) MEDIA RELATIONS HUMAS PEMPROV JATIM UNTUK MEMBANGUN CITRA GUBENUR BARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-arisantyri-14066-fisk23-k.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-arisantyri-11901-fisk23-m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian berjudul “Media Relations Humas Pemprov Jatim Untuk Membangun Citra Gubernur Baru ini” berupaya untuk mengetahui bagaimana implementasi Public Relations khususnya media relations yang dilakukan oleh Biro Humas Pemerintah Propinsi Jawa Timur (Pemprov) dalam rangka membangun citra gubernur Soekarwo. Dengan kekuatan dan kemampuan yang dimiliki media massa, maka peran media massa tidak bisa diabaikan dalam kegiatan dan program public relations khususnya dalam membangun citra positif. Citra positif seorang gubernur akan membawa dampak positif pada pembangunan. Melalui citra yang positif, seorang gubernur akan dipercaya oleh masyarakat dan kegiatan pembangunan akan didukung oleh masyarakat. Dengan demikian akan tercipta kehidupan yang lebih baik. Tugas untuk membangun citra yang positif merupakan salah satu fungsi humas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui indepth interview kepada Kepala Bagian Media dan Dokumentasi Biro Humas Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Selain itu dokumen-dokumen tertulis juga dipergunakan sebagai data acuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Biro Humas Pemprov Jatim dalam membangun citra gubernur baru hanya melalui media relations saja karena pihak humas menganggap bahwa media massa merupakan satu-satunya cara untuk dapat berhubungan dengan masyarakat. Karena humas tidak mungkin dapa bertemu langsung dengan masyarakat untu menyampaikan informasi, mensosialisasikan program, dan sebagainya. Terdapat beberapa kendala dalam usaha humas membangun citra gubernur baru melalui media massa. Salah satunya yakni peran media massa yang masih sangat kurang mendukung. Media massa jarang memuat pemberitaan positif mengenai gubernur. Hal ini dikarenakan paradigma media massa yang menganggap bahwa ‘bad news is a good news’. Menurut pihak Pemprov Jatim media massa dewasa ini menganut prinsip tersebut sehingga media massa lebih tertarik untuk meliput dan memuat pemberitaan negatif tentang pemerintah. Padahal paradigma seperti itu sudah sejak lama berlaku bagi kalangan insan pers. Yang membedakan, di masa orde baru, pemberitaan mengenai pemerintah mau tidak mau dimuat di media massa karena akan menjadi ancaman bagi keberlangsungan hidup media massa tersebut apabila tidak memuat release yang disampaikan oleh pemerintah. Minimnya dana yang tersedia untuk membeli kolom di media massa juga menjadi kendala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 23/10 Ari m
Uncontrolled Keywords: Citra Positif, Media Relations
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Rizky Arisanty, 070517734UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYan Yan Cahyana, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 02 Dec 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 06:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18268
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item