Vinka Maharani, 070610393 (2010) STUDI BLOG “HOT CHOCOLATE & MINT” SEBAGAI MEDIA UNTUK PERSONAL BRANDING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2010-maharanivi-17100-abstrak-6.pdf Download (625kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-maharanivi-14336-fis.k.96.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Diana Rikasari (blogger/blog user) menggunakan blog “Hot Chocolate Mint” sebagai media personal branding. Peneliti menganggap tema ini layak diteliti mengingat signifikansi peran blogger dalam media, utamanya dalam produksi produk media, preferensi dan pencipta trend. Diana Rikasari adalah fenomena dalam dunia per-blog-an di Indonesia. Lewat blognya, “Hot Chocolate Mint”, Diana mendapatkan setumpuk prestasi dan menjadi target bagi para produsen untuk media promosi. Sejak tahun 2009, “Hot Chocolate Mint” selalu berkisar dalam 3 blog teratas dalam 100 Indonesian Blogs yang dipantau terus menerus (diperbarui tiap jamnya) oleh Indonesianmatters.com. Sebagai fashion-blogger1, Diana memperoleh “hadiah” dari para produsen baju, aksesoris, sepatu. Diana juga kemudian menjadi undangan di fashion show perancang ternama, memiliki clothing line dengan bekerja sama dengan BloopEndorse, menjadi Brand Ambassador IM3. Yang terbaru, Nokia memberikan secara cuma-cuma varian terbarunya kepada Diana2. Ia tidak harus memuji-muji atau menjadi brand ambassador atau pun me-review produsen-produsen yang memberinya hadiah. Untuk menganalisis data, peneliti memilih untuk menggunakan metode analisis tekstual dengan metode semiotik denotasi konotasi dan wawancara. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Diana Rikasari sebagai blogger menggunakan blog “Hot Chocolate Mint” sebagai media untuk personal branding? Dari penelitian penulis menemukan bahwa: 1) Diana Rikasari membuat tampilan yang sederhana, mudah dimengerti dalam blog “Hot Chocolate & Mint”. juga membangun kesan mudah untuk dijangkau yang kemudian berefek mudahnya interaktivitas terjadi, 2) Diana Rikasari mengembangkan karakter yang humanis, 3) Kekuatan komunitisasi, kolaborasi akan semakin kuat dan mendukung sebuah brand, terutama personal brand, 4) Diana Rikasari, sebagai fashion-blogger mengemas konsep gaya hidup, konsumen, konsumerisme, identitas dengan subtle dan apik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.K 96/10 Mah s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Blog, media, personal branding | ||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dhani Karolyn Putri | ||||||
Date Deposited: | 02 Jul 1905 12:00 | ||||||
Last Modified: | 20 Jun 2017 19:53 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18287 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |