Yenny Indarti, 07
(2010)
MOTIVASI SISWA DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN (Studi Deskriptif Di SMPK Santa Maria Surabaya).
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini merupakan studi kasus tentang motivasi siswa yang bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa dalam memanfaatkan perpustakaan dan factor-faktor apa yang memotivasi siswa untuk memanfaatkan perpustakaan.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan penyebaran kuesioner kepada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPK SantaMaria Surabaya, yang meliputi siswa kelas 7, 8 dan 9 (Kelas !,2 dan 3). Penelitian ini menggunakan metode sistematik Purposive Random sampling, dengan teknik penarikan sampel random acak sederhana dengan jumlah responden sebanyak 85 orang. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Instrument yang digunakan adalah angket tertutup yang berbentuk skala terstruktur dan analisa data menggunakan table frekuensi.
Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan tentang : (1) motivasi siswa ke perpustakaan cukup tinggi karena adanya sebuah penghargaan atau prestise yang diberikan oleh perpustakaan dan guru bagi siswa yang rajin berkunjung dan memanfaatkan koleksi yang ada di perpustakaan. (2). guru juga memotivasi siswa untuk sering dating berkunjung ke perpustakaan ini merupakan factor eksternal (factor endogen yang artinya adanya dorongan dari orang lain) (3). siswa sangat senang berkunjung ke perpustakaan karena adanya koleksi komik dan novel
Actions (login required)
|
View Item |