REPRESENTASI PEREMPUAN PADA TOKOH JANG GEUM SEBAGAI TABIB ISTANA DALAM FILM SERI KOREA " JEWEL IN THE PALACE"

PUTRI FADJRIA REHNATASYA, 070316860 (2007) REPRESENTASI PEREMPUAN PADA TOKOH JANG GEUM SEBAGAI TABIB ISTANA DALAM FILM SERI KOREA " JEWEL IN THE PALACE". Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-rehnatasya-5631-fisk38-k.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-rehnatasya-5631-fisk38-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggambaran perempuan dalam film. Dalam hal ini Film serf Korea "Jewel In The Palace" dipilih oleh peneliti sebagai salah satu film yang menjadikan perempuan sebagai pemeran utamanya. Ketika film-film serf Korea banyak menceritakan kehidupan perempuan di jaman modem, film serf Korea "Jewel In The Palace" justru menampilkan perempuan bernama Jang Geum yang hidup di jaman kerajaan Dinasti Joseon di abad 15, untuk berjuang mendapatkan haknya bekerja sebagai tabib utama istana. Dimana, profesi tersebut pada saat itu hanya boleh dijabat oleh laki-laki. Berdasarkan pengamatan tersebut maka permasalahan penelitiannya adalah "Bagaimanakah rerpresentasi perempuan pada tokoh Jang Geum sebagai tabib istana ditampilkan dalam film seri Korea "Jewel In The Palace ". Dalam penelitian ini tinjauan pustaka yang digunakan adalah: Representasi Perempuan dalam Film, Image Perempuan Korea dalam Film, Perbedaan Gender Melahirkan Pembagian Kerja Seksual, Diskriminasi, Subordinasi, dan Stereotype Perempuan, Pengaruh Ajaran Konfusianisme Baru terhadap Peran Perempuan Tradisional Korea di Jaman Dinasti Joseon, serta Pendekatan Semiotik dalam Film. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode semiotik dengan memakai kerangka analisis Charles Sanders Peirce. Dalam hal ini semiotik digunakan untuk melihat bagaimana reperesentasi perempuan tokoh Jang Geum sebagai tabib yang ditampilkan dalam film melalui sistem tanda yang menciptakan sebuah makna. Unit analisisnya adalah sistem tanda dalam film yang menunjukkan penggambaran perempuan pada tokoh Jang Geum sebagai tabib istana dan akan dimasukkan ke dalam level analisis fiske, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Kesimpulan penelitian menunjukkan dalam film seri "Jewel In The Palace ", tokoh Jang Geum direpresentasikan sebagai perempuan yang berjuang dan berhasil mendapatkan haknya dalam mencapai kesetaraan peran antara dirinya dengan laki-laki dalam bidang pekerjaan yakni sebagai seorang tabib utama istana. Jang Geum ditampilkan sebagai perempuan dengan karakter berbeda dari penggambaran tokoh perempuan lainnya dalam film ini. Peneliti juga menemukan masih adanya bias gender terhadap penggambaran tokoh Jang Geum, dimana sebagai perempuan dirinya masih dijadikan sebagai obyek seksual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 38/07 Reh r
Uncontrolled Keywords: Representasi, perempuan, film seri, tabib istana, semiotik
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600-3307 Drama
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI FADJRIA REHNATASYA, 070316860UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLiestianingsih D.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 14 Dec 2007 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 16:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18409
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item