PEREMPUAN LAJANG : Studi Deskriptif Tentang Nilai-Nilai Pernikahan Pada Dosen Perempuan Lajang di UNAIR

DIAN KARTIKA SARI, 070316981 (2007) PEREMPUAN LAJANG : Studi Deskriptif Tentang Nilai-Nilai Pernikahan Pada Dosen Perempuan Lajang di UNAIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-saridianka-5669-fiss30-k.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-saridianka-5669-fiss30-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena perempuan melajang adalah salah satu ciri modernitas yang terjadi di belahan dunia saat ini. Jaman sekarang, terdapat fenomena perempuan lajang dimana dosen perempuan adalah salah satu dari fenomena tersebut. Terdapat hubungan logis antara pendidikan seorang wanita dengan usia menikah. Perempuan yang belum menikah di usia 30 tahun dianggap sesuatu yang berbeda. Rumusan masalah dalam penelitian adalah faktor — faktor apa saja yang menjadi latar belakang dosen perempuan Unair lajang dan tidak menikah. Kedua, sejauh mana pandangan dosen perempuan Unair yang lajang tentang nilai-nilai pernikahan. Sebagai analisis penelitian, digunakan beberapa teori utama dan pemikiran, antara lain teori sistem pernikahan, teori gender stereotipe, teori perubahan sosial. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan analisa kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di Surabaya, khususnya di Universitas Airlangga. Teknik pemilihan informan menggunakan sistem purposive, sedangkan untuk pengumpulan data dan informasi, dilakukan wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara. Berdasarkan data-data berupa informasi yang ditemukan di lapangan, akhirnya diketahui bahwa profesi dosen yang notabene memiliki kesibukan, latar belakang pendidikan tinggi, serta kebebasan finansial mempengaruhi pola pikir perempuan. Dosen perempuan yang masih lajang memiliki pola pikir yang lebih rasional dan matang termasuk dalam pencarian pasangan. Mereka juga menetapkan kriteria-kriteria calon pasangan yang dirasa sesuai atau cocok dengan dirinya. Hingga sekarang mereka belum menemukan lelaki yang sesuai dengan harapan mereka. Dengan usia yang bisa dibilang tidak muda, pernikahan dianggap suatu hal yang tidak akan dilalui atau dialami oleh mereka lagi. Namun demikian, para dosen perempuan lajang cukup memahami beberapa nilai-nilai pernikahan yang sering terjadi dan melembaga dalam kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 30/07 Sar p
Uncontrolled Keywords: SINGLE WOMEN - SEX BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ800-800.4 Single people
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
DIAN KARTIKA SARI, 070316981UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Norma N, Dra.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 18 Dec 2007 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 16:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18414
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item