HUBUNGAN KERJA ANTARA PENGRAJIN DAN PENGUSAHA : Studi di Kawasan Industri Tas dan Kopor Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Erika Ade H., 070316943 (2007) HUBUNGAN KERJA ANTARA PENGRAJIN DAN PENGUSAHA : Studi di Kawasan Industri Tas dan Kopor Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2009-erikaadeh-10029-fiss28-k.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-erikaadeh-8643-fiss28-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hubungan kerja merupakan suatu komponen penting dalam mempertahankan kelangsungan aktivitas ekonomi, dalam hal ini temiasuk pula aktivitas ekonomi vang berlangsung di Kawasan Industri Tas dan Kopor Desa Kedensari. Oleh karena itu, pada penelitian ini, pola hubungan keda beserta danipak-dampaknya bagi kaum pengrajin menjadi fokus penelitian, dengan menitikberatkan pada Teori Patron-klien clan Teori Eksploitasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif; paradigma interpretatif. Adapun sasaran penelitian, yang tidak lain menjadi informan dalam penelitian ini, adalah para pengrajin borongan dan pengusaha di Kawasan Industri Tas dan Kopor Desa Kedensari. Studi ini menemukan bahwa pola hubungan kerja antara pengrajin dan pengusaba cenderung bersifat patron-klien di mana patron (pengusaba) melindungi klien (pengrajin), dan sebaliknya klien membalas jasa kebaikan patron. Dalam pola hubungan patron-khen seperti ini, tidak ditemukan adanya eksploitasi. Pola hubungan keda patron-klien, sebaliknya dipandang sebagai suatu pola yang bersifat menguntungkan bagi para pengrajin. Sebab, para pengrajin umumnya memperoleh dampak positif dari adanya pola hubungan tersebut. Dengan demikian, pola hubungan kerja patron-khen tidak hanya menguntungkan bagi pihak pengusaba, tetapi juga bagi pihak pengrajin yang berada pada posisi lemah. Oleh karena itu, pola hubungan patron-klien pada dasamya mengarahkan suatu masyarakat menjadi suatu tatanan yang harmoms dan bernuansakan kekeluargaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S. 28/08 Eri h
Uncontrolled Keywords: Pengrajin; pengusaha; patron-klien; eksploitasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6958.5-6976 Industrial relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Erika Ade H., 070316943UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMustain Mashud, Drs.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 28 Jan 2009 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 17:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18424
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item