PRODUK BAKERY YANG DIJUAL OUTLET PASTRY JW MARRIOTT HOTEL SURABAYA (Studi Deskriptif Aplikasi Menu Engineering Untuk Menentukan Klasifikasi Produk Bakery di Outlet Pastry Hotel JW Marriott Surabaya)

LINDA IRANI FATMAWATI, 070610557S (2011) PRODUK BAKERY YANG DIJUAL OUTLET PASTRY JW MARRIOTT HOTEL SURABAYA (Studi Deskriptif Aplikasi Menu Engineering Untuk Menentukan Klasifikasi Produk Bakery di Outlet Pastry Hotel JW Marriott Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-fatmawatil-22362-abstrak-p.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-fatmawatil-18965-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Brand JW Marriott itu sendiri sudah sangat menjual dan memberi inspirasi bagi para produsen. Dunia kuliner telah berkembang dan tumbuh subur seiring dengan laju pertumbuhan ekonomi dan sosial masyarakat. Tidak dipungkiri kiprah hotel JW Marriott sebagai pelaku yang dalam memenuhi selera pasar JW Marriott tidak kehilangan akal, terus mencari tahu. JW Marriott telah memberikan sumbangsih dalam dunia kuliner bakery yang tidak sedikit mencoba untuk meniru langkah JW Marriott, sehingga banyak terdapat kompetitor yang memilki produk yang tidak kalah baiknya dan bisa jadi mengalahkan JW Marriott yang dikenal sebagai hotel bintang lima. JW Marriott Surabaya dalam menghadapi persaingan menerapkan strategi khusus, yang berupa suatu perhitungan Menu Engineering dimana yang digunakannya untuk mengetahui keadaan suatu barang dan kontribusinya terhadap outlet pastry pada JW Marriott Surabaya. Dalam pemilihan menu yang akan dipasarkan, penyusunan dalam pembuatan menu list digunakan alat yang dinamakan Menu Engineering, dalam menu engineering dilakukan beberapa tahap yang menggunakan prosedur perhitungan matematika sederhana dan logis untuk menyusun menu sesuai dengan kualitas suatu produk pastry, mengetahui bagaimana Menu Engineering ini digunakan, diaplikasikan di Outlet ini secara lebih mendalam. Penulisan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Memberi gambaran dan pemahaman terhadap situasi atau kejadian yang ada sehingga dapat tergambarkan secara sistematis dan akurat. Perhatian terpusat pada masalah yang ada pada saat itu lalu digambarkan fakta – fakta yang diteliti sebagaimana mestinya. Metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang diamati, data yang digunakan dapat dalam bentuk hasil wawancara, catatan dan dokumen sewaktu dilapangan. Dalam penelitian ini yang akan dideskripsikan adalah bagaimana menu engineering mengklasifikasikan suatu item pada produk bakery yang dijual di Deli Shop JW Marriott Hotel dan bagaimana pengaplikasiannya. Menu Engineering digunakan tidak semata – mata merupakan suatu patokan terhadap produk apa saja yang dijual, tetapi juga melihat selera konsumen, melihat masih adakah konsumen yang membeli produk yang terlihat dari Menu Engineeringnya dalam klasifikasi yang rendah sekalipun.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KK-2 KKB Fis Pw 60 11 Fat p
Uncontrolled Keywords: Engineering
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55.4-60.8 Industrial engineering. Management engineering
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
LINDA IRANI FATMAWATI, 070610557SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Nurdin Razak, S. Sos,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 02 Feb 2012 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 04:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18475
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item