GURUH BASUKI RAHMAT, 040912324 (2013) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUAL DI PT AJBS SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-rahmatguru-26767-5.abstr-k.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dunia usaha dan bisnis saat ini yang semakin maju dan berkembang, mengakibatkan persaingan yang semakin ketat. Perusahan – perusahaan berlomba untuk menjadi yang terdepan dan bisa terus eksis. Salah satu ujung tombak perusahaan untuk mencapai tujuannya adalah tenaga penjual. Tenaga penjual merupakan orang terdepan dalam mengembangkan bisnis perusahaan, mereka adalah karyawan yang langsung berhadapan dengan konsumen bahkan terkadang baik buruknya kinerja tenaga penjual merupakan cerminan citra perusahaan. Dalam pelaksanaan tugasnya tenaga penjual dipimpin oleh seorang supervisor yang mempunyai tugas mengawasi, menilai dan member pengarahan kepada tenaga penjual. Disinilah peran penting pemimpin dalam pelaksanaan tugasnya. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian akan membahas “pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja tenaga penjual”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dengan mengambil rumusan masalah “apakah kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga penjual”, kepemimpinan transformasional yang mempunyai variabel terdiri dari karisma (x1), motivasi inspirasional (x2), stimulasi intelektual (x3), dan perhatian individu (x4) akan diuji pengaruhnya terhadap kinerja tenaga penjual dari keempat variabel itu juga akan diuji variabel mana yang paling dominan??. Penelitian ini dilaksanakan di PT AJBS Surabaya dengan responden karyawan tenaga penjual sebanyak 50 orang. Berdasarakan hasil uji pengolahan data dengan program SPSS dari hasil analisis regresi berganda variabel kepemimpinan transformasional secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga penjual dan menghasilkan persamaan: Y = 2.079+0,171X1 + 0,428X2 + (-0,373)X3 + 0,196X4 Namun dari hasil uji parsial masing – masing variabel mempunyai hasil yang berbeda, variabel motivasi inspirasional dan stimulasi intelektual berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga penjual. Berdasarkan hasil uji parsial juga dapat disimpulkan juga bahwa variabel motivasi inspirasional merupakan variabel paling dominan diantara variabel kepemimpinan transformasional yang lain dengan t hitung 2,814 dan signifikansi 0,007
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.157/13 Rah p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | TENAGA PENJUAL | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Bambang Husodo | ||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2013 12:00 | ||||||
Last Modified: | 22 Aug 2016 06:11 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1861 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |