HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG HIV/AIDS DENGAN SIKAP TERHADAP VCT DI RSUD IBNU SINA GRESIK

CHASANAH, NIM010810092 (2012) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG HIV/AIDS DENGAN SIKAP TERHADAP VCT DI RSUD IBNU SINA GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT(2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelaksanaan konseling dan tes HIV sukarela (VCT) pada ibu hamil di Gresik masih sangat rendah. Tahun 2010, 20.108 ibu hamil yang diberi konseling pencegahan penularan HIV dari ibu ke bayi (PMTCT) hanya 160 ibu hamil (0,04%) yang melakukan VCT. Sedangkan tahun 2011 hanya 0,02% yang melakukan VCT. Di RSUD Ibnu Sina Gresik yang merupakan pusat rujukan pasien HIV sekitar 0,08% dari ibu hamil yang melakukan VCT. Metode : penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah ibu hamil umur 15-49 tahun, trimester I-III, dan latar belakang pendidikan minimal SMP yang memeriksakan diri di poli Hamil RSUD Ibnu Sina Gresik pada bulan Maret 2012 sejumlah 305 ibu hamil. Pengambilan sampel dengan teknik consecutive sampling dan besar sampel 100 ibu hamil. Variabel independen pengetahuan ibu hamil tentang HIV/AIDS dan variabel dependen sikap ibu hamil terhadap VCT. Instrumen menggunakan kuesioner dengan wawancara. Analisis data menggunakan uji chi square dan koefisisen kontingensi. Hasil penelitian : sebagian besar ibu hamil memiliki pengetahuan cukup tentang HIV/AIDS yaitu 38% dan sebagian besar ibu hamil memiliki sikap negatif terhadap VCT yaitu sebesar 56%. Hasil uji square menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan ibu hamil tentang HIV/AIDS dengan sikap terhadap VCT. Hasil koefisien kontingensi menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan Kesimpulan : pengetahuan tentang HIV/AIDS merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi sikap seseorang terhadap VCT, karena wanita akan menyadari potensial resiko dari penularan HIV dan manfaat tes. Komitmen petugas kesehatan sangatlah diharapkan agar terjadi peningkatan minat untuk melakukan pemeriksaan HIV antenatal dengan tujuan bahwa wanita yang terinfeksi HIV diidentifikasi selama asuhan antenatal sehingga penularan pada bayi dapat dicegah dan dapat menurunkan angka HIV pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.BID.146/14 Cha h
Uncontrolled Keywords: knowledge of HIV/ AIDS, attitude for VCT, pregnancy woman
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
CHASANAH, NIM010810092NIM010810092
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRelly Yanuari Primariawan, Dr. , SpOG (K)UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 02 May 2014 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 20:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18647
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item