ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS PADA BIDAN PRAKTIK SWASTA DI WILAYAH SURABAYA TIMUR

WORO SETIA NINGTYAS, NIM010830470 (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS PADA BIDAN PRAKTIK SWASTA DI WILAYAH SURABAYA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 15-14 Nin a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan deteksi dini kanker serviks pada bidan praktik swasta di wilayah Surabaya Timur. Waktu dan Tempat : Bulan Januari 2010 di wilayah Surabaya Timur. Desain dan Metode : Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan desain cross sectional. Populasi bidan praktik swasta. Sample diambil menggunakan teknik simple random sampling, dengan besar sampel 42 responden. Data yang diperoleh dianalisis secara bivariat dengan uji Chi-square dan uji fisher exact kemudian dianalisis multivariate dengan uji regresi logistic. Hasil : Dari 42 responden bidan praktik swasta, 52% memiliki pengetahuan yang baik tentang deteksi dini kanker serviks, 81% memiliki motivasi yang sangat tinggi untuk melaksanakan deteksi dini kanker serviks dan sikap yang sangat baik dalam menghadapi pasien yang menunjukkan gejala-gejala kanker serviks, 79% responden sudah memiliki pengalaman melaksanakan deteksi dini kanker serviks, dan 64% responden memiliki fasilitas untuk melaksanakan deteksi dini kanker serviks di tempat praktiknya. 60% tidak melaksanakan deteksi dini kanker serviks di tempat praktiknya. Hasil analisis bivariat didapatkan nilai p < 0,05 pada variable motivasi dan fasilitas yang berarti terdapat hubungan antara motivasi dan fasilitas dengan pelaksanaan deteksi dini kanker serviks. Kesimpulan : Kesimpulan penelitian ini, hanya faktor motivasi dan fasilitas yang berhubungan dengan pelaksanaan deteksi dini kanker serviks. Akan tetapi faktor-faktor yang diteliti ini secara bersama-sama tidak mempengaruhi pelaksanaan deteksi dini kanker serviks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 15 / 14 Nin a
Uncontrolled Keywords: KANKER SERVIKS
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
WORO SETIA NINGTYAS, NIM010830470NIM010830470
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBangun T Purwaka,, dr. SpOG (K),UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 26 Mar 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 05:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18687
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item