HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI DESA KENCONG KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI

Dwi Ertiana, NIM011012071 (2011) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI DESA KENCONG KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. RINGKASAN.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 120-14 Ert h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemberian ASI secara eksklusif adalah bayi hanya diberi ASI saja, tanpa tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, air putih, dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, pepaya, bubur susu, biskuit, bubur nasi, dan tim. Angka pemberian ASI eksklusif masih rendah. Rendahnya pemberian ASI secara eksklusif pada bayi saat usia 0-6 bulan disebabkan antara lain faktor pendukung timbulnya anggapan bahwa ASI saja tidak cukup untuk makanan bayi. Cakupan ASI eksklusif di Indonesia secara umum masih rendah yaitu 32,3 % dari 80% yang ditargetkan, demikian juga di Desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri 48,81%. Salah satu permasalahan rendahnya cakupan ASI eksklusif yaitu rendahnya dukungan keluarga terhadap pemberian ASI eksklusif. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional studi yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan keluarga terhadap pemberian ASI Eksklusif di Desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri tahun 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Ibu menyusui di Desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dengan besar sampel sebanyak 46 Ibu menyusui. Pengumpulan data mencakup data primer dengan wawancara berpedoman pada kueisoner. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk diagram dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan 47,81 % ibu memberikan ASI secara Eksklusif di Desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Hasil uji chi square menunjukkan variabel dukungan keluarga ( p = 0,001 ), dengan nilai koefisien korelasi 0,448 maka dukungan keluarga mempunyai hubungan yang cukup signifikan dengan pemberian ASI Eksklusif di Desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Disarankan kepada anggota keluarga khususnya pada suami agar memotivasi dan mendukung ibu memberikan ASI secara Eksklusif, dan kepada Puskesmas perlu peningkatan sosialisasi dan penyuluhan rutin tentang pemberian ASI Eksklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 120 / 14 Ert h
Uncontrolled Keywords: ASI
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
Dwi Ertiana, NIM011012071NIM011012071
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudiono,, dr., M.Kes.,UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 04 Apr 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 04:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18751
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item